Grup Neraka: Mungkinkah Jerman yang tersingkir?

  • Skenario gila lainnya di Grup Neraka: Mungkinkah Jerman tersingkir? Mungkin saja jika kalah vs Denmark DAN Portugal menang. Jika menang Jerman pasti lolos sebagai juara grup. Draw juga akan membawa Jerman juara grup. Tapi jika anak buah Joachim Loew kalah vs Denmark malam ini Jerman tidak mungkin juara grup karena aturan tiebreaker UEFA menyebutkan jika […]

Internasional Liga Europa Liga Jerman  - Grup Neraka: Mungkinkah Jerman yang tersingkir?

Skenario gila lainnya di Grup Neraka: Mungkinkah Jerman tersingkir?

Mungkin saja jika kalah vs Denmark DAN Portugal menang.

Jika menang Jerman pasti lolos sebagai juara grup. Draw juga akan membawa Jerman juara grup.

Tapi jika anak buah Joachim Loew kalah vs Denmark malam ini Jerman tidak mungkin juara grup karena aturan tiebreaker UEFA menyebutkan jika dua tim sama poin maka catatan head-to-head mereka akan dilihat.

Dan karena Denmark mengalahkan Jerman malam ini menurut skenario gila tersebut, biar pun nilai mereka sama-sama 6, Denmark unggul head-to-head atas Jerman. Denmark juara Grup Neraka, Jerman MUNGKIN runner up.

Masih dibilang mungkin karena jika Portugal juga menang atas Belanda maka akan ada tiga tim yang akan memiliki poin 6: Denmark, Jerman, dan Portugal. Bagaimana posisi mereka bertiga di puncak Grup Neraka?

Karena aturan UEFA menyebutkan tiebreaker untuk lebih dari dua tim yang memiliki nilai sama maka selisih gol ketiganya yang akan dilihat maka untuk sementara kita lepas Belanda dulu. Lihat nilai dan selisih gol dari laga di antara tiga tim saja: Denmark, Jerman, dan Portugal.

*Jerman menang 1-0 vs Portugal dan kalah, katakanlah malam ini 0-1 vs Denmark maka nilai 3, selisih 1-1.

*Portugal menang 3-2 vs Denmark dan kalah 0-1 vs Jerman hari itu, maka nilai 3, selisih gol 3-3.

*Denmark kalah 2-3 vs Portugal dan menang katakanlah 1-0 vs Jerman malam ini, maka nilai 3, selisih gol 3-3.

Siapa yang lolos? Aturan ketiga UEFA soal tiebreaker bilang, gol memasukkan akan dilihat dari tiga tim itu. Jika skenario gila itu yang terjadi maka favorit Jerman pulang rumah dan minum bir. Yang lolos adalah Portugal dan Denmark.

NAMUN jika Jerman kalahnya 2-3 dari Denmark maka Jerman akan lolos sebagai runner up, sementara Portugal tersingkir. Kok bisa? Lihat saja klasemen ketiganya sebagai berikut:

* Jerman menang 1-0 vs Portugal dan kalah 2-3 vs Denmark maka nilai 3, selisih 3-3.

*Portugal menang 2-3 atas Denmark dan kalah 0-1 vs Jerman, nilai 3, selisih gol 3-3.

*Denmark kalah 2-3 vs Portugal dan menang 3-2 malam ini vs Jerman maka nilai 3, selisih gol 5-5.

Dalam kasus ini aturan keempat tiebreaker menyebutkan jumlah selisih gol tertinggi dari seluruh pertandingan di dalam grup, termasuk vs Belanda akan diperhitungkan. dan Jerman menang 1-0 atas Portugal hari itu sehingga jika skenario gila ini yang terjadi Denmark lolos sebagai juara grup, Jerman runner up. Ronaldo dkk akan pulang rumah.

Jadi, bahkan kalah pun Jerman masih bisa lolos sejauh kalahnya cuma selisih 1 gol dan bukan 0-1 atau 1-2.