Guardiola vs Mourinho Ribut Di Pertemuan Pelatih Klub Elit UEFA

Sebuah kejadian menarik terungkap dalam pertemuan antara pelatih klub-klub elite UEFA yang belum lama ini digelar. Sebuah cerita perdebatan antara dua pelatih elit klub sepakbola Eropa, Josep Guardiola vs Jose Mourinho. Sudah bukan rahasia jika Mourinho dan Guardiola memang selalu berbeda pendapat. Kembali ke masa lalu, keduanya juga terlibat perbedaan pendapat saat keduanya menjadi pelatih di klub elit Spanyol, […]

Internasional  - Guardiola vs Mourinho Ribut Di Pertemuan Pelatih Klub Elit UEFA

Sebuah kejadian menarik terungkap dalam pertemuan antara pelatih klub-klub elite UEFA yang belum lama ini digelar. Sebuah cerita perdebatan antara dua pelatih elit klub sepakbola Eropa, Josep Guardiola vs Jose Mourinho.

Sudah bukan rahasia jika Mourinho dan Guardiola memang selalu berbeda pendapat. Kembali ke masa lalu, keduanya juga terlibat perbedaan pendapat saat keduanya menjadi pelatih di klub elit Spanyol, Mourinho di kubu Real Madrid VS Guardiola bersama Barcelona. Mungkin mereka hanya tampak akur saat masih menjadi anak didik Luis Van Gaal di Barcelona.

Kini keduanya kembali beradu argumen dalam pertemuan di Nyon, Swiss. Dalam pertemuan para pelatih klub elit Eropa yang tergabung dalam UEFA itu, Mourinho dan Guardiola kedapatan berdebat sengit, debat bukan soal aturan pertandingan ataupun strategi, namun mereka berdua berdebat sengit soal rumput! Nahloh kok rumput???

Rupanya keduanya berdebat soal panjang rumput lapangan sepakbola yang menjadi salah satu topik  dalam pertemuan itu. Guardiola mengusulkan bahwa seharusnya rumput lapangan tidak boleh lebih dari 1,5 cm (aturan saat ini 3 cm) dan lapangan wajib dirapihkan setiap sebelum pertandingan digelar. Alasan Guardiola, bola akan meluncur lebih cepat sehingga pertandingan akan berjalan lebih  menarik.

Mourinho tak sepaham dengan usulan Guardiola itu. Ia pun membalas dengan mengatakan “Semua orang punya gaya bermain sendiri-sendiri, itu yang seharusnya dihormati. Sepakbola bisa menjadi tontonan spektakuler dengan cara yang bermacam-macam,” lanjut manajer Chelsea ini.

Guardiola pun membalas “Keindahan sepakbola tergantung kepada pelatihnya. Sepertinya Mourinho lebih memilih hasil akhir daripada tontonan itu sendiri. Saya tahu bagi dia memang itu semua yang paling penting,” kata Guardiola.

Yahh yang penting ada rumputnya dulu dehhh …