Hasil Euro 2012: Kalah 2-0 tapi Prancis lolos

12

Kalah 2-0 tapi Prancis lolos! Meski Swedia sudah dipastikan tersisih dari Euro 2012, namun mereka sama sekali tidak mau menyerah begitu saja. Faktanya mereka malah merepotkan dan bikin deg-degan Les Blues dengan kemenangan 2-0. Namun Prancis tetap lolos karena di laga lainnya yang berlangsung di jam sama, Inggris menaklukkan tuan rumah Ukraina 1-0. Dengan demikian […]

Kalah 2-0 tapi Prancis lolos!

Internasional Liga Europa  - Hasil Euro 2012: Kalah 2-0 tapi Prancis lolos

Meski Swedia sudah dipastikan tersisih dari Euro 2012, namun mereka sama sekali tidak mau menyerah begitu saja. Faktanya mereka malah merepotkan dan bikin deg-degan Les Blues dengan kemenangan 2-0.

Namun Prancis tetap lolos karena di laga lainnya yang berlangsung di jam sama, Inggris menaklukkan tuan rumah Ukraina 1-0. Dengan demikian kedua tim tuan rumah, Polandia dan Ukraina, sama-sama tersisih.

Inggris berkuasa di puncak klasemen Grup D dengan nilai 7, disusul Prancis 4, dan Ukraina serta Swedia di urutan buncit dengan nilai sama, 3.

Sepanjang pertandingan Swedia memberikan perlawanan tangguh. Beberapa kali mereka mengancam gawang yang dijaga Hugo Lloris. Sisi pertahanan tim asal Skandinavia itu juga sama baiknya. Setiap kali kehilangan bola tim asuhan Erik Hamrén itu langsung mengurung pemain yang menguasai bola.

Babak kedua berlangsung lebih intens dengan beberapa kali terjadi pelanggaran. Sang pengadil Pedro Proenca asal Portugal terpaksa mengeluarkan 2 kartu kuning untuk Anders Svensson dan Samuel Holmén.

Akhirnya Zlatan Ibrahimovic di menit 54 berhasil menjebol gawang Prancis dengan gaya tendangan gunting yang mirip dengan gaya Mario Balotelli menjebol gawang lawan. Gol kedua dicetak Sebastian Larsson menit 91.

Melalui gol itu Ibra memasukkan dirinya dalam klub elit para top scorer di kejuaraan Eropa: Nuno Gomes (6), Thierry Henry (6), Patrick Kluivert (6), Ruud van Nistelrooy (6), Alan Shearer (7), dan Michel Platini (9).

Dengan itu Prancis menduduki posisi runner up Grup D yang akan menghadapi juara Grup C Spanyol di perempatfinal. Pertarungan itu cukup berat. Apalagi minus bek Philippe Mexes yang terkena akumulasi kartu kuning.

Statistik pertandingan memperlihatkan permainan yang nyaris sama kuat dengan ball possession sedikit lebih banyak di tim Prancis, 43-57. Shots on target 6-5. Namun tim ayam jantan lebih banyak melakukan tembakan yang meleset dari gawang, 5-16. Swedia seperti karakternya, memang jarang-jarang menembak ke gawang lawan, kecuali benar-benar yakin bisa membikin gol.