Hasil Euro 2012: Rooney loloskan Inggris ke perempatfinal

Inggris berhasil lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2012 sebagai juara Grup D setelah mereka menang tipis 1-0 melawan Ukraina pada laga terakhir penyisihan grup, Rabu (20/6) dinihari di Donbass Arena, Donetsk. Gol penentu kemenangan Three Lions dicetak Wayne Rooney pada menit ke-48. Keharusan menang membuat Ukraina tampil agresif sejak kick off. Di menit ke-2, Ukraina […]

Inggris berhasil lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2012 sebagai juara Grup D setelah mereka menang tipis 1-0 melawan Ukraina pada laga terakhir penyisihan grup, Rabu (20/6) dinihari di Donbass Arena, Donetsk. Gol penentu kemenangan Three Lions dicetak Wayne Rooney pada menit ke-48.

Keharusan menang membuat Ukraina tampil agresif sejak kick off. Di menit ke-2, Ukraina sudah mendapat peluang melalui Konoplyanka, tetapi tendangannya masih melebar. Empat menit kemudian, Ukraina kembali mendapatkan kesempatan. Namun tendangan keras Garmash dari luar kotak penalti belum mengenai sasaran.

Sampai menit ke-12, Ukraina masih menguasai jalannya pertandingan. Beberapa peluang yang dibuat pemain Ukraina gagal dimanfaatkan dengan baik. Termasuk tendangan keras Devic yang masih memebentur Lescott.

Kesempatan pertama Inggris didapat pada menit ke-13. Umpang silang Johnson dari sisi kanan gagal ditanduk Rooney. Peluang kedua terjadi pada menit ke-13. Tendangan bebas Gerrard lagi-lagi gagal dsundul Rooney. Penyerang Manchester United ini kembali gagal menanduk bola hasil umpan Young. Padahal, dia sudah berdiri bebas di depan gawang Ukraina. Hingga turun minum kedudukan tetap tak berubah 0-0.

Setelah turun minum, Rooney akhirnya berhasil menjebol gawang Ukraina pada menit ke-48, melalui umpan Gerrard. Sundulannya tak bisa dijangkau kiper Ukraina, Pyatov.

Tertinggal 1-0, Ukraina mencoba membangun serangan. pada menit ke-51, tendangan Gusev berhasil ditepis kiper Inggris Joe Hart. Menit ke-60, sundulan Milevskiy setelah mendapat tendangan bebas dari Konoplienka masih melayang di atas mistar Hart.

Inggris juga mengancam gawang Ukraina. Tendangan bebas Rooney pada menit ke-64 masih melebar di sisi gawang. Tendangan Cole tiga menit kemudian juga bisa ditepis Pyatov.

Jual beli serangan di babak kedua tak membuah gol. Sampai wasit V Kassai meniup peluit panjang, kedudukan 1-0 untuk Inggris tak berubah. Dengan hasil ini Inggris menjadi juara Grup D dengan mengoleksi nilai tujuh dan lolos ke perempatfinal Piala Eropa. Dia didampingi Prancis.