Hasil Indonesia U-19 vs Thailand, Ujicoba 08/10/2017

  • Hasil Indonesia vs Thailand dalam pertandingan ujicoba internasional Tim U-19 yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10) malam WIB.

Timnas U-19

Berikut adalah hasil pertandingan ujicoba Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas Thailand U-19 yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10) malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri langsung menurunkan starting line-up terbaiknya di laga ini. Egy Maulana Vikri yang dipercayakan sebagai kapten tim memimpin lini serang tim Garuda Muda.

Mengandalkan kecepatan dan kualitas permainan individu, Indonesia langsung mengendalikan permainan sejak menit pertama. Sementara Thailand tampaknya tidak mau terpancing dengan permainan cepat Indonesia. Mereka coba memaksimalkan serangan balik cepat ketika berhasil merebut bola dari pemain-pemain Indonesia.

Di menit ke-18 Indonesia memberikan ancaman lewat tendangan jarak jauh Luthfi Kamal Namun bola masih bisa diamankan penjaga gawang Suthipong Pisanbub.

Indonesia benar-benar menguasai permainan saat pertandingan memasuki menit ke-30. Egy Maulana, Rifat Marasabessy, Witan, Iqbal dan Rafli Mursalim beberapa kali masuk ke dalam kotak penalti lawan, namun padatnya pemain Thailand di depan gawang membuat Indonesia sulit mendapatkan ruang mencetak gol.

Egy Maulana Vikri dua kali dijatuhkan pemain Thailand di dalam kotak terlarang, dan salah satunya mutlak harus dihadiahi penalti. Namun wasit tidak menilai insiden itu sebagai pelanggaran yang harus diberi penalti.

Di menit ke 38, Egy mendapatkan bola dan mampu mengelabui Shutipong. Namun tembakan kaki kirinya dari sudut sempit masih melayang di atas mistar.

GOL! Usaha tak kenal lelah pemain Indonesia akhirnya berbuah gol di menit ke-44. Witan Sulaiman membobol gawang Thailand setelah dia berhasil merebut bola blunder dari kiper Shutipong yang coba mengoper bola kepada rekannya dengan tumit di dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk keunggulan skuat asuhan Indra Sjafri bertahan hingga turun minum.

Di masa injury time, Witan nyaris menggandakan keunggulan Indonesia. Sayang bola tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti saat terjadi kemelut usai sepak pojok, berhasil dibelokkan oleh pemain Thailand tepat di atas garis gawang. Bola pun mental melewati mistar.

Di babak kedua, pertandingan semakin menarik karena kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang. Masing-masing tim juga melakukan pergantian pemain untuk penyegaran.

Egy Maulana memberikan ancaman berbahaya di menit ke 55. Dia melepaskan tendangan plesing kaki kiri dari luar kotak penalti ke arah pojok kanan gawang Thailand. Sayang, bola masih bisa ditepis dengan ujung jari oleh kiper Thailand sehingga bola melambung tipis di atas mistar.

Masuknya beberapa pemain baru di babak kedua seperti Saddil Rhamdani, Anis Saghara, Sahryan Abimanyu, dan Febby Eka Putra membuat penyerangan Indonesia tetap stabil dan terusĀ  memporakporandakan pertahanan Thailand. Sejumlah peluang emas berhasil didapat, namun masih belum berhasil berbuah gol.

GOL! Pemain pengganti Sahryan Abimanyu menambah keunggulan Indonesia di menit ke 79. Tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti menohok ke pojok kiri atas gawang Thailand. Indonesia unggul 2-0.

GOL! Indonesia memperbesar kemenangan di menit ke 88. Kali ini, Saddil Rhamdani mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan kaki kiri kerasnya dari dalam kotak penalti menghujam pojok kiri bawah gawang Thailand untuk membawa Indonesia unggul 3-0.

Wasit pun meniup peluit akhir. Pertandingan Indonesia vs Thailand ditutup dengan skor akhir 3-0.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Aqil Savik, Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haris, Rachmat Irianto, Firsa Andika, Asnawi Mangkualam, M Iqbal, Witan Sulaiman, Luthfi Kamal, Egy Maulana Vikri, Rafli Mursalim.

Timnas Thailand U-19: Suthipong Pisanbub, Peerapat Jampakaew, Natakorn Soithong, Keeron Ornchaiphum, Kritsada Nontharat, Passakorn Biaothungnoi, Chaiwat Weerakuphanich, Nattawut Chootiwat, Korawich Tasa, Nakharin Thepaukson.