Berita Bola - Hasil Pertandingan Indonesia vs Vietnam, Final Piala AFF U-19 -

 

Indonesia JUARA! Setelah melalui laga yang tegang dan melelahkan, Indonesia akhirnya berhasil mengalahkan Vietnam melalui adu penalti. Skor akhir adu penalti 7-6 untuk Indonesia dan menjadikan Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19! Paceklik gelar pun dipatahkan oleh para Garuda muda meski dengan bersusah payah! Selamat!

 

Babak Pertama Indonesia vs Vietnam

Begitu peluit babak pertama dibunyikan, Vietnam U-19 langsung menekan pertahanan Indonesia U-19. Serangan terus dibangun oleh Nguyen Van Toan dan kawan-kawan ke kubu pertahanan Indonesia. Beruntung Putu Gede dan kawan-kawan bermain disiplin dalam menjaga pertahanan Indonesia dan masih mampu meredam serangan-serangan lawan.

Indonesia mengancam gawang Vietnam pada menit tujuh. Namun, tembakan Muchlis Hadi terlalu lemah. Di menit 20, Hargianto mencoba mengirim ancaman dari sudut sempit, ia melepaskan tendangan. Sayang bola masih mampu ditepis oleh  kiper Truong yang bermain bagus malam ini.

Di menit 27, Vietnam, tim yang berjuluk The Red Warriors balik mengancam Indonesia melalui Nguyen C Phuong. Ia melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Kiper Ravi Murdianto mampu menepis tembakannya.

Ravi yang juga bermain sangat bagus malam ini berhasil menepis dua tembakan beruntun pemain Vietnam.

Hingga akhir babak pertama, kedua tim masih saling serang. Skor masih berimbang 0-0.

Babak Kedua Indonesia vs Vietnam

Di babak kedua, Vietnam kembali mengancam lebih melalui tendangan bebas Nguyen C Phuong. Beruntung, kiper Ravi Murdianto mampu menepis bola. Tak lama kemudian, giliran Garuda Muda mengancam melalui kapten Evan Dimas yang melepas tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Usahanya jauh dari sasaran.

para pemain Vietnam mulai tampak kehabisan tenaga, mereka tak lagi dominan seperti di babak pertama, namun begitu Vietnam sempat memberikan ancaman pada menit 57. Dua tembakan beruntun ke gawang Indonesia. Ravi masih mampu menggagalkan usaha Vietnam.

Indonesia mengambil alih jalannya pertandingan. Serangan terus dibangun Evan Dimas dan kawan-kawan. Beberapa peluang pun tercipta. Sayangnya, hingga 90 menit berakhir, tak ada gol yang tercipta.

Perpanjangan Waktu

Di babak perpanjangan waktu pertama dan kedua, baik Indonesia maupun Vietnam masih bermain saling menyerang. Meski Indonesia masih tampil dominan, Vietnam pun tak mau kalah. bahkan Vietnam hampir saja menjebol gawang Indonesia setelah kemelut terjadi di depan gawang Indonesia, beruntung bola masih melebar ke sisi kiri gawang.

Indonesia juga sempat memperoleh peluang emas melalui Maldini yang sempat menyontek bola tapt di depan gawang Vietnam, sayang tendangannya masih terlalu lemah dan dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Vietnam.

Para pemain Vietnam banyak yang berjatuhan di babak kedua perpanjangan waktu. Tampaknya mereka benar benar mengalamai kelelahan.

Perpanjangan waktu berakhir masih dengan skor 0-0.

Adu Penalti Indonesia vs Vietnam

INDONESIA JUARAAA! Terima kasih Ravi! Terima kasih Indonesia U-19! Indonesia akhirnya berhasil mengalahkan Vietnam melalui adu penalti yang tegang dan melelahkan. Setelah sebelumnya tertinggal di awal adu penalti, akhirnya Ravi dapat memblokir tendangan terakhir pemain Vietnam! Peluang ini tak disia siakan oleh eksekutor terakhir, dan Indonesia akhirnya juara Piala AFF U-19!

Dari sembilan penendang penalti Indonesia, hanya ada dua yang gagal, yakni Evan Dimas dan Zulfiandi.

Selebihnya yakni Fatchurohman, Dimas Drajad, Hendra Sadi, Hansamu Yama Pranata, Putu Gede, Maldini dan Ilham Udin berhasil melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

Susunan Pemain
Indonesia: Ravi Murdianto, Hansamu Yama Pranata, M Sahrul Kurniawan, Putu Gede Juni Antara, M Fatchurohman, Hargianto, Zulfiandi, Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, Dinan Javier (Maldini 38′), Muchlis Hadi Ning Syaifulloh

Vietnam: Truong, Song, Dong Trieu, Van Khanh, Nguyen Phong, Nguyen Anh, Duc Huy,Van Tanh, Xuan Troang, Nguyen C Phuong, Nguyen Van Toan