Hasil Piala Dunia Antarklub : Hattrick Suarez Antar Barcelona ke Final

Meski tanpa diperkuat Lionel Messi dan Neymar, Barcelona tampak masih terlampau tangguh bagi Guangzhou Evergrande dalam laga semifinal Piala Dunia Antar Klub di Stadion Nissan, Yokohama, Kamis (17/12/2015) malam.

Meski tanpa diperkuat Lionel Messi dan Neymar, Barcelona tampak masih terlampau tangguh bagi Guangzhou Evergrande dalam laga semifinal Piala Dunia Antar Klub di Stadion Nissan, Yokohama, Kamis (17/12/2015) malam.

Barcelona melumat juara Asia itu dengan skor meyakinkan 3-0 sekaligus memastikan diri lolos ke final. Di babak final Barcelona akan menghadapi juara Copa Libertadores asal Brasil, River Plate. Tiga gol Barcelona dalam laga ini semuanya diborong oleh Luis Suarez.

Messi tak bisa tampil dalam pertandingan ini karena mengalami gangguan (masalah batu) ginjal. Sedangkan Neymar hanya menghabiskan 90 menit di bangku cadangan karena baru sembuh dari cedera otot paha.

Barcelona yang berada sekelas di atas tim lawan, mendominasi jalannya pertandingan. Menurut catatan FIFA, Barcelona menguasai 75 persen permainan dan melepaskan enam tembakan ke arah gawang dari 17 percobaan. Adapun Guangzhou hanya melakukan satu tembakan tepat sasaran dari tiga usaha.

Suarez membuka keunggulan pada menit ke-39. Pemain asal Uruguay ini berhasil menyambar masuk bola tepisan Li Shuai saat memblok tendangan keras jarak jauh yang dilepaskan Ivan Rakitic.

Baru lima menit babak kedua berjalan, Suarez menggandakan keunggulan Barcelona jadi 2-0. Menyambut umpan lambung Andres Iniesta dengan dada, Suarez kemudian melakukan tembakan voli ke arah gawang Guangzhou dan gol.

Pada menit ke-66, Suarez melengkapi hat-tricknya lewat titik putih. Hadiah penalti didapat setelah pemain Guangzhou, Huang Bowen, melakukan pelanggaran terhadap Munir El Haddadi di dalam kotak terlarang.

Dengan tiga golnya ini, maka Suarez menjadi pemain kedua yang mencetak hat-trick pada Piala Dunia Antarklub (dulu Piala Intercontinental). Sebelumnya, Pele menorehkan catatan serupa bersama Santos pada 1962.

Susunan Pemain :

Barcelona: 13-Claudio Bravo; 6-Daniel Alves, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba (Adriano Correia 76); 4-Ivan Rakitic, 5-Sergio Busquets; 17-Munir El Haddadi, 20-Sergi Roberto (19-Sandro Ramirez 72), 8-Andres Iniesta (26-Sergi Samper 81); 9-Luis Suarez
Pelatih: Luis Enrique

Guangzhou Evergrande: 1-Li Shuai; 5-Zhang Linpeng, 6-Leng Xiaoting, 28-Young-Gwo Kim, 25-Zou Zheng (35-Li Xuepeng 35); 8-Paulinho, 10-Zheng Zhi; 16-Huang Bowen, 11-Ricardo Goulart, 27-Zheng Long (20-Yu Hanchao 56); 9-Elkeson (29-Gao Lin 67)
Pelatih: Luiz Felipe Scolari

Sepakbola.cc