Hasil semifinal cerminkan siapakah grup terbaik di Euro 2012

Pertemuan partai semifinal Jerman vs Italia dan Portugal vs Spanyol sebenarnya sudah memperlihatkan bahwa dua grup terbaik di Euro 2012 adalah Grup Neraka, Grup B, dan Grup C.

Sekedar menyegarkan ingatan, Jerman memuncaki Grup B setelah melibas ketiga lawannya masing-masing Portugal 1-0, Belanda 2-1, dan Denmark 2-1. Portugal berhasil menduduki runner up Grup B setelah di laga sisanya menang 3-2 atas Denmark dan 2-1 vs Belanda.

Demikian juga di Grup C, Spanyol menjuarai grup dengan kemenangan 4-0 vs Irlandia, 1-0 vs Kroasia, dan draw 1-1 di laga pembuka grup. Di laga sisanya Italia seri 1-1 vs Kroasia dan menang 2-0 atas Irlandia.

Menantang Inggris di perempatfinal, Italia berhasil unggul di adu penalti. Sementara Spanyol menang atas Prancis 2-0. Sementara Jerman menaklukkan Yunani 4-2 dalam partai dengan jumlah gol terbanyak di Euro 2012, dan Portugal sukses menjinakkan Ceko 1-0.

Sehingga jika Jerman dan Portugal bisa menaklukkan lawan mereka masing-masing, keduanya akan mengulangi laga grupnya di final. Demikian juga sebaliknya jika Italia dan Spanyol bisa lolos dari semifinal, keduanya menciptakan ulang laga grup mereka di final. Mungkin dengan hasil sama, mungkin juga dengan hasil berbeda.

Ini memperlihatkan adanya pembagian kekuatan yang kurang merata di antara grup-grup Euro, dengan Grup B dan Grup C secara kualitas di atas grup lainnya, terlihat dari tidak ada wakil Grup A dan Grup D di level semifinal.

Jika melihat jumlah fans mereka di Facebook, Jerman menduduki ranking pertama tim yang difavoritkan juara, menyusul kemudian Spanyol, Italia, dan baru Portugal sebagai yang paling tidak difavoritkan.