Iker Casillas Minta Maaf

11

  Kiper Spanyol Iker Casillas mengatakan, ia bertanggung jawab sepenuhnya untuk kekalahan memalukan 5-1 sang juara dunia itu pada laga perdana mereka melawan Belanda, dinihari tadi WIB. Tim asuhan Vicente Del Bosque sempat memimpin melawan Belanda sebelum menderita serangan gol, beruntun hingga lima gol berurutan. Dari 5 gol itu, pemain veteran Casillas yang sudah membela Spanyol 155 kali, dinilai […]

Internasional Piala Dunia  - Iker Casillas Minta Maaf

 

Kiper Spanyol Iker Casillas mengatakan, ia bertanggung jawab sepenuhnya untuk kekalahan memalukan 5-1 sang juara dunia itu pada laga perdana mereka melawan Belanda, dinihari tadi WIB.

Tim asuhan Vicente Del Bosque sempat memimpin melawan Belanda sebelum menderita serangan gol, beruntun hingga lima gol berurutan.

Dari 5 gol itu, pemain veteran Casillas yang sudah membela Spanyol 155 kali, dinilai bersalah setidaknya untuk satu gol, yakni gol keempat ketika bola yang coba diamankannya dicuri oleh Robin van Persie.

“Saya tidak berada pada kondisi yang saya butuhkan. Saya harus menerima semua kritik,” aku pemain Real Madrid itu.

Seperti sudah kita saksikan, Spanyol yang ingin memenangkan trofi internasional keempatnya secara berurutan, telah direndahkan dan dipermalukan pada partai ulangan final Piala Dunia 2010.

Mereka sempat memimpin melalui penalti Xabi Alonso sebelum Belanda menyerang balik, dengan Robin van Persie dan Arjen Robben mencetak dua gol masing-masing, sementara Stefan de Vrij menambah satu.

“Saya tidak melakukan hal-hal seperti yang seharusnya, terutama saat memulai Piala Dunia,” tambah Casillas. “Itu bukan salah satu permainan terbaik saya.”

Manager De Bosque, yang berada di balik kemenangan final Piala Dunia Spanyol tahun 2010, mengatakan ia merasa ‘sakit’ dengan hasil kekalahan 5-1 tersebut. Tapi figur berusia 63 tahun itu menolak untuk secara terbuka menyalahkan pemainnya.

“Ketika sebuah tim kalah, itu bukan hanya kinerja satu pemain saja, itu kelemahan dalam keseluruhan skuad,” kata Del Bosque.

“Kita tidak bisa menyalahkan siapa pun, apalagi Iker Casillas.”

Berbicara tentang hasilnya, ia menambahkan: “Saya merasa sakit, tidak nyaman, tetapi rasa berani menjadikan kekalahan tidak mampu menenggelamkan kita.”

“Ini bukan saat yang bahagia, tapi pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada tim Belanda, yang lebih super dari kita.

Permainan Spanyol berikutnya adalah melawan Chile pada 18 Juni. Chile yang pagi tadi WIB mengalahkan Australia 3-1 jelas bukan lawan yang mudah.