Iklan Keren Ajakan Ikut Pemilu Catalonia

7

Video singkat ini diunggah ke Youtube guna mengajak para pemuda ikut antri di kotak suara guna memutuskan masa depan Catalonia (Katalan) pada tanggal 9 November mendatang. Iklannya keren. Dibawakan seolah-olah sebagai sebuah pertandingan sepakbola, dengan seorang pemain berlari dan bersiap mencetak gol, melewati semua pemain lawan, ditubruk sana tubruk sini, daaaan… Gol! Catalonia adalah wilayah di […]

Iklan Keren Ajakan Ikut Pemilu Catalonia - berita Internasional Liga Spanyol Xtra Time

Video singkat ini diunggah ke Youtube guna mengajak para pemuda ikut antri di kotak suara guna memutuskan masa depan Catalonia (Katalan) pada tanggal 9 November mendatang.

Iklannya keren. Dibawakan seolah-olah sebagai sebuah pertandingan sepakbola, dengan seorang pemain berlari dan bersiap mencetak gol, melewati semua pemain lawan, ditubruk sana tubruk sini, daaaan… Gol!

Catalonia adalah wilayah di sekitar kota Barcelona. Sejak lama daerah di perbatasan Spanyol dan Prancis ini menuntut kemerdekaan karena secara bahasa, kultur, dan sejarah masa lalu, mereka terpisah dari Spanyol.

Di akhir iklan ada pesan dari Pep Guardiola, seorang tokoh Catalonia yang kini berkarir sebagai pelatih di Bayern Munich.

Mantan pemain Barcelona ini tidak pernah menutupi ideologi separatisnya. Dia sebelumnya menunjukkan dukungannya untuk referendum kemerdekaan di acara dukungan serupa pada bulan Juni lalu di Berlin, Jerman.

Selama perayaan Diada tahun lalu di bulan September, ribuan rantai manusia terbentuk melintasi Catalonia dari utara ke selatan sebagai aksi menyerukan pemisahan diri, dan pada saat itu Guardiola juga datang menyuarakan dukungannya.

“Tidak ada tindakan yang lebih demokratis. Jika orang tidak setuju dengan kemerdekaan negara ini maka mereka memiliki kesempatan unik, yang tidak akan terulang, untuk mengekspresikan hal itu. Hukum mengubah hukum. Tapi rakyatlah yang menyerukan agar perubahan itu terjadi,” katanya saat itu.