Inggris kalahkan Italia 2-1

7

Inggris memukul Italia 2-1 dalam pertandingan persahabatan di Stade de Suisse Wankdorf, Berne, Swiss, Kamis (16/8) dinihari WIB. Kemenangan ini setidaknya menebus kekalahan mereka dari Italia di babak perempatfinal Piala Eropa 2012 lalu. Inggris kalah melalui adu penalti ketika itu. Dalam pertandingan tadi, Inggris tertinggal lebih dulu oleh gol Daniele De Rossi di menit ke […]

Internasional Liga Inggris Liga Italia  - Inggris kalahkan Italia 2-1Inggris memukul Italia 2-1 dalam pertandingan persahabatan di Stade de Suisse Wankdorf, Berne, Swiss, Kamis (16/8) dinihari WIB. Kemenangan ini setidaknya menebus kekalahan mereka dari Italia di babak perempatfinal Piala Eropa 2012 lalu. Inggris kalah melalui adu penalti ketika itu.

Dalam pertandingan tadi, Inggris tertinggal lebih dulu oleh gol Daniele De Rossi di menit ke 15. Inggris berhasil membalikkan keadaan lewat gol-gol yang dicetak Phil Jagielka di menit ke 27 dan Jermain Defoe di menit ke 80.

Pelatih Inggris Roy Hodgson mengatakan kunci kemenangan Inggris kali ini lebih dikarenakan mereka tampil lebih tenang. Tapi secara keseluruhan penampilan Inggris tidak ada bedanya dengan di Piala Eropa 2012 lalu.

“Saya pikir tidak ada perbedaan besar antara apa yang kami lakukan di Euro dan apa yang kami tampilkan malam ini. Mungkin kami bermain sedikit lebih tenang,” ungkap Hodgson seusai pertandingan.

Hodgson memanfaatkan laga ujicoba kontra Italia ini sebagai momentum menguji pemain muda. Kiper Jack Butland dan gelandang Tom Cleverley adalah dua pemain muda yang menandai debutnya bersama pemain Inggris senior.

“Laga ini berharga karena memberikan kesempatan kepada pemain baru. Mungkin berbeda jika kami memainkan pemain yang sama di Euro dalam pertandingan ini. Namun, sesuatu yang luar biasa mengistirahatkan beberapa pemain senior dan memainkan beberapa pemain baru. Pemain bertalenta, dan mereka menjawab tantangan yang diberikan dengan sebuah kemenangan,” kata Hodgson.

Dalam pertandingan ini, Inggris tidak diperkuat pemain-pemain senior Wayne Rooney, John Terry, Steven Gerrard, Gareth Barry, kiper Joe Hart dan Micah Richards.

Jalannya pertandingan:
Pada menit-menit awal pertandingan, Inggris lebih dulu mendapatkan peluang melalui Andy Carroll pada menit ke-11. Sayang, bola sundulannya menyambut umpan tendangan pojok Frank Lampard, masih melayang tipis di atas gawang Italia.

Inggris yang mencoba mengambil alih permainan, harus kebobolan lebih dulu, setelah De Rossi berhasil memanfaatkan bola rebound hasil tepisan kiper Jack Butland dengan sundulan kerasnya di menit ke 15.

Italia hampir saja menambah keunggulannya melalui tendangan keras Alberto Aquilani pada menit ke-21. Beruntung, bola tendangan keras pemain asal Fiorentina itu masih dapat diblok dengan baik oleh Butland.

Enam menit berselang, Inggris akhirnya mampu menyamakan kedudukan 1-1 berkat gol Jagielka pada menit ke-27. Menerima umpan matang dari Lampard, ia langsung menyambut umpan tersebut dengan sundulan terarah yang tak mampu dihalau kiper Salvatore Sirigu.

Selepas turun minum, Inggris mengambil alih permainan sejak menit awal. Gary Cahill sempat mendapatkan peluang pada menit ke-60. Sayang, tendangan volinya masih melebar tipis di samping gawang Italia.

Sepanjang babak kedua, kedua tim lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah dengan tempo lambat. Beberapa kali, Inggris membangun serangan, tetapi selalu dapat dihalau oleh rapinya barisan pertahanan Italia.

Sepuluh menit menjelang akhir pertandingan, Jermain Defoe akhirnya mampu mencetak gol sekaligus mengubah skor menjadi 2-1 untuk Inggris. Berawal dari serangan balik yang dibangun Milner, ia sukses melewati hadangan Abate untuk mengirimkan bola masuk ke gawang Sirigu.

Susunan Pemain
Inggris: 1-Jack Butland (John Ruddy 46), 2-Kyle Walker, 3-Leighton Baines, 4-Michael Carrick, 5-Gary Cahill, 6-Phil Jagielka, 7-Adam Johnson, 8-Frank Lampard (kapten), 9-Andy Carroll (Jermain Defoe 46), 10-Tom Cleverley, 11-Ashley Young

Italia: 1-Salvatore Sirigu, 4-Angelo Ogbonna, 6-Federico Balzaretti, 7-Stephan El Shaarawy, 9-Mattia Destro, 10-Alberto Aquilani, 13-Davide Astori, 16-Daniele De Rossi, 20-Ignazio Abate, 22-Alessandro Diamanti (Federico Peluso 46), 23-Antonio Nocerino