Prediksi Euro 2012: Inggris, Perancis atau Ukraina yang lolos? Ini syaratnya

Enam tim sudah memastikan diri ke babak perempatfinal Piala Eropa 2012. Mereka adalah Ceko, Yunani, Jerman, Portugal, Spanyol dan Italia. Dua tempat tersisa akan diperebutkan tiga tim; Perancis, Inggris dan Ukraina, dalam partai terakhir penyisihan Grup D, Rabu (20/6) dinihari WIB nanti. Pada laga nanti, Inggris akan menghadapi tuan rumah Ukraina, dan Perancis ditantang Swedia. […]

Enam tim sudah memastikan diri ke babak perempatfinal Piala Eropa 2012. Mereka adalah Ceko, Yunani, Jerman, Portugal, Spanyol dan Italia. Dua tempat tersisa akan diperebutkan tiga tim; Perancis, Inggris dan Ukraina, dalam partai terakhir penyisihan Grup D, Rabu (20/6) dinihari WIB nanti.

Pada laga nanti, Inggris akan menghadapi tuan rumah Ukraina, dan Perancis ditantang Swedia. Perancis yang mengantongi poin empat, sama dengan Inggris, hanya butuh hasil imbang untuk lolos. Sementara Ukraina wajib menang lawan Inggris jika ingin melaju ke perempat final. Swedia sudah tak punya harapan lagi.

Juara Grup D akan bertemu Italia (runner up Grup C) di babak perempat final, sedangkan Runner-up Grup D akan menghadapi Spanyol (juara Grup C) di babak delapan besar.

Nah, siapakah dari ketiga tim di Grup D ini yang bakal lolos nanti? Di bawah ini syarat atau  skenarionya:

INGGRIS
Lolos jika:
* Menang lawan Ukraina
* Bermain imbang dengan Ukraina
* Kalah dari Ukraina, dengan syarat Perancis kalah dengan skor yang cukup melawan Swedia sehingga setidaknya berimbang dengan Les Bleus dalam urusan selisih gol dan jumlah gol yang dicetak (karena Inggris memiliki koefisien yang lebih baik, 33.563 berbanding 30.508 milik Prancis).
Tersingkir jika:
* Kalah dari Ukraina, dan Perancis menang atau imbang lawan Swedia

UKRAINA
Lolos jika:
* Menang atas Inggris
Tersingkir jika:
* Kalah atau imbang melawan Inggris.

PERANCIS
Lolos jika:
* Menang lawan Swedia
* Imbang lawan Swedia
Tersingkir jika:
* Inggris kalah, dengan catatan selisih gol atau jumlah gol yang dicetak mereka sama dengan Inggris.

Klasemen sementara Grup D:
1 Prancis      2      1      1      0      3-1      4
2 Inggris     2     1     1     0     4-3     4
3 Ukraina     2     1     0     1     2-3     3
4 Swedia     2     0     0     2     3-5     0