Ini Alasan Real Madrid Langsung Tolak Proposal Barcelona

Begitu Barcelona mendengar bahwa Angel Di Maria ingin keluar dari Bernabeu dua hari silam, mereka langsung mengetik sebuah surat permohonan transfer, dan mengirimkannya ke markas management Real Madrid. Begitu mesin facsimile mengeluarkan surat dari Nou Camp itu, presiden Madrid Florentino Perez langsung menolaknya saat itu juga.

Mengapa?

Pertama, jangan sampai kepergian gelandang asal Argentina itu malah menguntungkan bagi musuh-musuh Madrid, termasuk Barcelona, yang menjadi musuh abadi di La Liga.

Kedua, jika Angel Di Maria ditransfer ke Barcelona, langkah itu akan mengundang kecaman dan permusuhan dari gilabola Madrid. Itu merupakan sebuah langkah tidak populer. Posisinya sebagai presiden klub akan terancam.

Ketiga, secara tradisi hampir tidak pernah ada transfer langsung antara kedua klub Spanyol itu, kecuali untuk satu dua nama di masa lalu. Butuh satu artikel sendiri untuk membahasnya. Lagi-lagi karena permusuhan kedua klub tersebut.

Karena itu tidak mengejutkan jika akhirnya muncul laporan bahwa Barcelona dilaporkan gagal mengajukan proposal kejutan atas Angel Di Maria, menurut laporan Sport.

Manchester United sejauh ini adalah kandidat terkuat yang akan mengambil Di Maria musim panas ini dan masih memiliki kesempatan sebelum 1 September, sementara klub besar dan boros dari Ligue 1 Paris Saint-Germain sudah menyatakan tidak bisa ikut serta karena pembatasan kuota Financial Fair Play.

Padahal Barcelona mengajukan penawaran sekitar Rp 929Milyar.

Uang agaknya bukan masalah utama di sini, tapi mempertahankan kecintaan gilabola Real Madrid terhadap nama Florentino Perez, itu jauh lebih penting. Jika ia melakukan hal-hal yang kurang populer, posisinya sebagai presiden klub bisa digugat.

Kedua klub sebenarnya telah saling melakukan transfer satu sama lain di masa lalu, dengan Luis Figo mungkin pemain paling menonjol ketika ia membuat kepindahan kontroversial dari Nou Camp ke Bernabeu pada tahun 2000.