Ini dia perbedaan Real Madrid dan Barcelona

  • Real Madrid dan Barcelona ternyata lahir dengan filosofi sepak bola yang berbeda. Seperti apakah perbedaan itu? Simak saja pernyataan mantan direktur umum Los Merengues, Jorge Valdano, dalam wawancara di televisi Despertate de Una Vez, seperti dilansir goal.com, berikut ini. “Real Madrid adalah tim yang luar biasa kompetitif. Mereka tak berkembang dengan cara yang sama seperti […]

Real Madrid dan Barcelona ternyata lahir dengan filosofi sepak bola yang berbeda. Seperti apakah perbedaan itu? Simak saja pernyataan mantan direktur umum Los Merengues, Jorge Valdano, dalam wawancara di televisi Despertate de Una Vez, seperti dilansir goal.com, berikut ini.

“Real Madrid adalah tim yang luar biasa kompetitif. Mereka tak berkembang dengan cara yang sama seperti Barcelona karena pemain-pemain mereka mesti menghibur fans,” kata Valdano.

“Sejak saya mulai menyaksikan sepakbola, saya belum pernah melihat tim seperti Barcelona, yang selalu memiliki talenta dan akan selalu bermain dengan cara yang sama. Mereka telah menikmati banyak kontinuitas, sekaligus level pragmatisme yang tinggi.”

“Barcelona merupakan produk akademi mereka sendiri. Para pemain yang menembus tim senior akan dengan mudah beradaptasi dengan gaya Barca.”

“Real Madrid berbeda. Akademi mereka tak hanya menghasilkan para pemain untuk klub, tapi juga untuk seluruh komunitas sepakbola. Terdapat lebih dari 100 pemain yang sekarang bermain di divisi pertama dan kedua di Spanyol, yang dibina oleh Real Madrid,” katanya.

Mengomentari perseteruan kedua klub, Valdano mengatakan jangan sekali-kali Anda bercerita yang positif tentang Barcelona di Santiago Bernabeu. Karena dipastikan Anda akan dicap pengkhianat.
“Memuji Barcelona menjadikan Anda pengkhianat di Madrid,” katanya.