Ini Dia Tiga Kandidat Pemain Terbaik UEFA 2016/17

UEFA telah memilih Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Gianluigi Buffon sebagai kandidat Pemain Terbaik UEFA 2016/17.

Gianluigi Buffon

Tidak ada kejutan berarti dalam rilis tiga nama kandidat Pemain Terbaik UEFA 2016-17 yang diumumkan UEFA, Selasa (15/8). Seperti biasa, nama Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kembali masuk tiga besar.

Cuma untuk edisi kali ini, kedua mega bintang itu mendapatkan saingan dari kiper Juventus Gianluigi Buffon yang melengkapi daftar tiga kandidat Pemain Terbaik UEFA yang sebelumnya bernama Pemain Terbaik Eropa.

Cristiano Ronaldo adalah pemenang tahun lalu. Ketika itu dia mengalahkan rekan setimnya Gareth Bale dan bintang Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Adapun penentuan tiga kandidat tahun ini dilakukan oleh dewan juri yang terdiri dari 80 pelatih klub yang berpartisipasi di Liga Champions dan Liga Europa 2016/2017, ditambah 55 jurnalis sepakbola yang dipilih oleh European Sports Media (ESM).

Pemain yang dipilih adalah pemain di klub yang jadi anggota UEFA. Cara penilainnya mengacu penampilan di semua kompetisi di musim lalu, yaitu di liga domestik, kontinental, dan internasional, tanpa memandang negara asal.

Sedangkan penentuan kandidat ditentukan berdasarkan jumlah suara yang diberikan oleh pelatih dan jurnalis. Pelatih tidak diperbolehkan untuk memilih pemain dari timnya sendiri. Dari hasil pemilihan itu maka terpilihlah tiga nama yaitu, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi dan Buffon.

Ronaldo mengantar Madrid meraih gelar La Liga, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub. Sementara itu, Messi musim lalu memenangi Copa del Rey bersama Barcelona dan jadi top skorer La Liga dengan 34 gol.

Adapun Buffon, berhasil membawa Juventus memenangi Serie A dan Coppa Italia. Dia juga mengantar Juve sampai ke final Liga Champions kendati pada akhirnya kalah dari Madrid di final.

Pengumuman pemenang Pemain Terbaik UEFA akan dilakukan pada 24 Agustus mendatang, bersamaan dengan undian fase grup Liga Champions.

Sepakbola.cc