Ini Dia Tim-tim Terbaik di Penyisihan Grup

  •   Jika laga Piala Dunia 2014 dihentikan hari ini, sebelum dimulainya sistem gugur 16 Besar, manakah tim yang tercatat sebagai yang terbaik? Brasil? Belanda? Jerman? Atau Kolombia?   Tergantung, apa kriterianya. Untuk urusan gol terbanyak Belanda memimpin dengan total 10 gol semasa penyisihan grup. Menyusul berikutnya adalah Kolombia 9 dan Prancis 8. Lalu berturut-turut dengan […]

Internasional Liga Spanyol Piala Dunia  - Ini Dia Tim-tim Terbaik di Penyisihan Grup

 

Jika laga Piala Dunia 2014 dihentikan hari ini, sebelum dimulainya sistem gugur 16 Besar, manakah tim yang tercatat sebagai yang terbaik? Brasil? Belanda? Jerman? Atau Kolombia?

 

Tergantung, apa kriterianya. Untuk urusan gol terbanyak Belanda memimpin dengan total 10 gol semasa penyisihan grup. Menyusul berikutnya adalah Kolombia 9 dan Prancis 8. Lalu berturut-turut dengan 7 gol adalah Jerman, Brasil, dan Swiss. Di bawahnya dengan 6 gol adalah Argentina, Aljazair, dan Kroasia.

Tim Kroasia ini sungguh malang. Produktif gol, tapi tersisih. Hanya di urutan ketiga klasemen Grup A di bawah Brasil dan Meksiko. Gol memasukkan dan kemasukannya adalah 6-6, hasil menang 4-0 vs Kamerun, kalah 1-3 vs Brasil dan 1-3 vs Meksiko.

Siapa tim yang lolos ke 16 Besar namun minim gol? Yunani, hanya 2 gol. Menyedihkan. Lolos pula. Lalu menyusul Nigeria 3 gol. Ini tim yang ribut soal bonus karena berhasil lolos ke babak 16 Besar.

Dua gol dan tiga gol boleh dibilang kurang pantas karena beberapa tim yang gagal lolos justru mampu mendapatkan lebih banyak gol. Sebutlah misalnya Ronaldo dkk yang menjebol gawang lawan sebanyak 4 kali, atau Bosnia-Herzegovina jumlah yang sama. Atau contohlah Kroasia tadi, 6 gol.

Tim manakah yang terbaik dalam soal mengeksekusi bola-bola mati menjadi gol? Aljazair. Tiga gol lahir dari bola mati. Bandingkan misalnya dengan Belanda yang ke-10 golnya lahir dari permainan terbuka. Musuh-musuh Aljazair di babak berikutnya, Jerman, perlu mewaspadai keahlian kaki-kaki pemain Serigala Gurun.

Kesebelasan mana yang teburuk dalam soal mencetak gol? Ada tiga: Iran, Honduras, dan Kamerun. Masing-masing hanya satu gol.

Untuk urusan pertahanan terburuk? Kamerun dan Australia masing-masing kebobolan 9 gol. Berikutnya Honduras dengan 8 gol, lalu –kuatkanlah hatimu– juara dunia Spanyol dan Portugal masing-masing dengan 7 gol.

Dibabak penyisihan grup, siapakah yang memperoleh dol penalti terbanyak? Prancis, 2 gol.

Bagaimana dengan gol akibat bunuh diri pemain lawan? Siapa saja tim yang beruntung? Ada 4 tim yang masing-masing menambah satu gol karena kegugupan pemain lawan. Mereka adalah Prancis, Argentina, Kroasia, dan Portugal.