Ini Prediksi Para Bandar dan Ahli Keuangan

  •   Jika kamu masih belum tahu mau menjagokan tim mana di Brasil 2014 ini, silakan simak artikel berikut. Artikel yang satu ini serius banget karena meramu prediksi dari orang-orang berdasi, yakni bandar-bandar judi, ahli-ahli keuangan yang bekerja di perbankan, dan wartawan The Economist. Mereka meramu sebuah rumus, yakni membandingkan semua hasil laga internasional sejak tahun 1993, […]

Internasional Piala Dunia  - Ini Prediksi Para Bandar dan Ahli Keuangan

 

Jika kamu masih belum tahu mau menjagokan tim mana di Brasil 2014 ini, silakan simak artikel berikut.

Artikel yang satu ini serius banget karena meramu prediksi dari orang-orang berdasi, yakni bandar-bandar judi, ahli-ahli keuangan yang bekerja di perbankan, dan wartawan The Economist.

Mereka meramu sebuah rumus, yakni membandingkan semua hasil laga internasional sejak tahun 1993, lalu membandingkannya hasilnya secara relatif dengan ranking tim-tim itu di daftar ranking resmi FIFA. Digunakan faktor pembeda, yakni apakah lokasi di home, away, atau netral.

Para ahli keuangan di Goldman Sachs menyusun sebuah model yang mirip, tapi dengan database yang berbeda. Bukan ranking resmi FIFA, tapi data ranking tidak resmi karena bisa mundur lebih jauh lagi. Data itu lalu dibandingkan dengan performa saat ini, yang diukur oleh banyaknya gol memasukkan dalam 10 laga terakhir. Model Goldman Sachs, sebuah investment bank, memberi tekanan lebih besar pada keuntungan sebagai tuan rumah, dan apakah tim tertentu punya penampilan cemerlang di Piala Dunia sebelum-sebelumnya (Inggris lemah dalam urusan ini).

Hasilnya, baik model oleh The Economist dan Goldman Sacsh menempatkan Brasil sebagai calon juara dunia 2014, namun dengan kemungkinan berbeda: 49% vs 21%. Lihat sendiri di tabel di bawah ini:

Internasional Piala Dunia  - Ini Prediksi Para Bandar dan Ahli Keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

Deutsche Bank sama. Namun selain melihat penampilan terdahulu di Piala Dunia sebelumnya dan efek keuntungan sebagai tuan rumah, mereka memberi tekanan lebih besar pada performa terakhir dengan mengukur kemenangan dan gol di laga-laga 4 tahun terakhir, serta berapa banyak bakat, yang diukur dari berapa banyak pemainnya merumput di 7 liga terbaik Eropa. Hasilnya sama, Brasil, tapi pada persentase lebih kecil, 12% saja.

Selain itu 21 bandar taruhan di Inggris menempatkan Brasil sebagai favorit kuat, dengan peluang sebesar 34% untuk menang. Sementara itu EA Sports, sebuah perusahaan komputer game, telah menyimulasikan game dengan menggunakan susunan pemain seperti aslinya. Menurut EA Sports, di final Jerman akan mengalahkan Brasil 2-1.

Baca juga dua ramalan lain soal juara dunia 2014, satu oleh Jose Mourinho, satu lagi oleh David James.