Ini Sebabnya Franz Beckenbauer Diskors FIFA

2

  Legenda bola Jerman, Franz Beckenbauer, tengah dijatuhi hukuman oleh FIFA. Ia dilarang mengambil bagian dalam kegiatan apa pun yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari ke depan. Mengapa? Mantan pemain Jerman bernama lengkap Franz Anton Beckenbauer itu dituduh oleh FIFA, menolak bekerja sama dengan komisi khusus yang diketuai Michael Garcia, yang tengah menyelidiki kebenaran rumor tidak sedap soal […]

Ini Sebabnya Franz Beckenbauer Diskors FIFA - berita Internasional Liga Jerman

 

Legenda bola Jerman, Franz Beckenbauer, tengah dijatuhi hukuman oleh FIFA. Ia dilarang mengambil bagian dalam kegiatan apa pun yang berhubungan dengan sepak bola selama 90 hari ke depan. Mengapa?

Mantan pemain Jerman bernama lengkap Franz Anton Beckenbauer itu dituduh oleh FIFA, menolak bekerja sama dengan komisi khusus yang diketuai Michael Garcia, yang tengah menyelidiki kebenaran rumor tidak sedap soal terjadinya suap di tubuh FIFA terkait pemilihan Rusia dan Qatar seagai tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022.

FIFA mengatakan, larangan terhadap Beckenbauer bersifat sementara, sambil menunggu penyelesaian penyelidikan formal atas penolakannya untuk bekerjasama.

Pada Jumat malam lalu Beckenbauer bereaksi terkejut kepada SkySport Jerman setelah mendengar berita skorsing dirinya itu, “Saya harus memeriksa tanggal dulu. Saya pikir itu April Fool karena bertanggal 1 April. ”

Beckenbauer adalah salah satu dari 22 anggota komite eksekutif FIFA yang pada tahun 2010 memberikan suara rahasia mereka untuk pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022, dan dia tidak pernah mengungkapkan pilihannya.

Akhir pekan lalu, berdasarkan penelitian atas sejumlah dokumen yang dimilikinya, harian Sunday Times menuding Beckenbauer telah mengunjungi Qatar sebelum dan setelah pemungutan suara FIFA, atas undangan Mohamed Bin Hammam, anggota komite eksekutif Qatar yang telah diskors FIFA untuk seumur hidup, menyusul tuduhan suap.

FIFA mengatakan bahwa Garcia, ketua majelis investigasi komite etik, telah berusaha untuk mewawancarai Beckenbauer terkait masalah ini tapi tidak memperoleh respons memadai, hingga Garcia meminta agar ditetapkan sebuah tindakan disiplin berupa skorsing itu.

FIFA mengatakan, penyelidikan formal atas Beckenbauer akan dipimpin oleh anggota lain dari komite etik, Vanessa Allard dari Trinidad & Tobago.

Beckenbauer, yang bermain 103 kali untuk timnas Jerman (Barat) dan memenangkan Piala Dunia sebagai kapten pada tahun 1974, dan kemudian sebagai pelatih Jerman pada tahun 1990, selama bertahun-tahun terlibat dalam berbagai kepentingan bisnis, yang diatur oleh penasehatnya, Fedor Radmann.

Bekas manager Jerman berusia 68 tahun itu mengatakan kepada media Jerman pekan ini bahwa ia tidak menanggapi permintaan Garcia untuk wawancara karena dia tidak mengerti semua pertanyaan yang dikirimkan kepadanya dalam bahasa Inggris, dan telah meminta pertemuan untuk membicarakan hal itu dalam bahasa Jerman.

Beckenbauer membela Jerman Barat pada periode 1965-1977 sebanyak 103 kali dan 14 gol. Setelah mengakhiri karir klubnya di New York Cosmos tahun 1983, ia melanjutkan hidup sebagai pelatih timnas Jerman Barat (1984-1990), Marseilles (1991), dan Bayern Munich (1993-1994, 1996).