Inilah Alasan PM Inggris Lebih Suka Jerman Menang vs Skotlandia

17

Senin dinihari WIB Jerman akan menjamu Skotlandia pada penyisihan Euro 2016 di stadion Signal Iduna Park, Dortmund. Kalau lihat sejarah pertemuan mereka berdua, Jerman lebih difavoritkan menang. Bahkan sekali pun tanpa beberapa pemain bintangnya, Der Panzer akan diunggulkan menang dengan skor besar atas Skotlandia, salah satu wilayah Inggris Raya tersebut. Yang menarik adalah, jika boleh ditanya […]

Internasional Liga Inggris Piala Eropa  - Inilah Alasan PM Inggris Lebih Suka Jerman Menang vs Skotlandia
David Cameron diphotoshop dengan bendera Jerman oleh Daniel Housch.

Senin dinihari WIB Jerman akan menjamu Skotlandia pada penyisihan Euro 2016 di stadion Signal Iduna Park, Dortmund. Kalau lihat sejarah pertemuan mereka berdua, Jerman lebih difavoritkan menang. Bahkan sekali pun tanpa beberapa pemain bintangnya, Der Panzer akan diunggulkan menang dengan skor besar atas Skotlandia, salah satu wilayah Inggris Raya tersebut.

Yang menarik adalah, jika boleh ditanya secara terbuka maka PM Inggris David Cameron mungkin juga memilih pegang Jerman daripada membela Skotlandia. Mengapa?

Dalam waktu 11 hari lagi, yakni tanggal 18 September 2014, akan diadakan referendum kemerdekaan Skotlandia. Di referendum itu penduduk wilayah Skotlandia boleh memilih “Ya” atau “Tidak” untuk usulan pemisahan diri dari Inggris Raya, yang berarti Skotlandia akan berdiri sebagai sebuah negara independen, dengan pemerintahan sendiri.

Jika Skotlandia menang vs Jerman, hanya dalam waktu 11 hari sebelum referendum, maka potensi kemenangan pendukung “Ya” akan semakin besar. Nasionalisme kedaerahan terbakar hebat. Dan itu mengancam posisi pembela “Tidak” dalam referendum ini.

Polling terakhir menunjukkan pemilih “Ya” unggul 51% vs 49% “Tidak”. Maka satu kemenangan saja bisa makin menjauhkan selisih keduanya.

Saat ini Skotlandia bersama Wales dan Irlandia Utara disebut sebagai ‘negara-negara’ di bawah Inggris Raya, meski dalam laga-laga sepakbola Eropa dan dunia mereka mengirimkan tim secara terpisah. Soal mengapa Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara mengirimkan tim sepakbola mereka sendiri, nanti ada penjelasan terpisah.

Gerakan kemerdekaan dan patriotisme dibangun dari simbol-simbol. Di sinilah nasionalisme Skotlandia mungkin memiliki keuntungan yang berasal dari olahraga. Setidaknya dalam olahraga, Skotlandia sudah memiliki ornamen sebuah negara merdeka, mempertahankan gagasan tentang Skotlandia merdeka di kalangan para gilabola.

Di laga-laga sepakbola di seluruh dunia, puluhan ribu orang melukis wajah dan dada mereka dengan warna Skotlandia dan bernyanyi “Flower of Scotland,” ketika bendera palang biru St Andrew dinaikkan, sebuah praktek yang hanya bisa dipandang dengan rasa iri hati oleh para nasionalis Flemish dan Catalonia.

Internasional Liga Inggris Piala Eropa  - Inilah Alasan PM Inggris Lebih Suka Jerman Menang vs Skotlandia
Dengan demikian kemenangan untuk tim sepakbola Skotlandia pada 18 September mungkin menghasilkan embusan pemilih yang darah nasionalismenya mendidih dan memilih kemerdekaan.

Jadi dinihari nanti WIB mungkin kita bisa mendengar teriakan David Cameron dari Downing Street 10, “Ayo, Jerman! Ayo, Jerman! Masa depan Inggris Raya bergantung pada Anda!”