Inilah pemain yang dikartukuning karena mencopot kaosnya!

8

Pemain Italia Mario Balotelli dikartukuning wasit gara-gara mencopot kaosnya dan bertelanjang dada saat merayakan gol keduanya di gawang Jerman, di laga semifinal Euro 2012. Skor akhir 2-1 dan Azzuri akan menghadapi tim Matador di final, Senin dinihari WIB, 2 Juli 2012 mendatang. FIFA memang memiliki aturan yang melarang pemain merayakan gol dengan mencopot kaos, sesuatu […]

Internasional Liga Europa  - Inilah pemain yang dikartukuning karena mencopot kaosnya!

Pemain Italia Mario Balotelli dikartukuning wasit gara-gara mencopot kaosnya dan bertelanjang dada saat merayakan gol keduanya di gawang Jerman, di laga semifinal Euro 2012. Skor akhir 2-1 dan Azzuri akan menghadapi tim Matador di final, Senin dinihari WIB, 2 Juli 2012 mendatang.

FIFA memang memiliki aturan yang melarang pemain merayakan gol dengan mencopot kaos, sesuatu yang berakar pada pengalaman di masa lalu, di mana pemain memamerkan pesan-pesan politis dan iklan di balik kaosnya.

Namun banyak juga yang menilai hal ini mengada-ada karena seorang pemain bisa kena skorsing di laga berikutnya jika ia terkena dua kartu kuning. Padahal dua-duanya mungkin hanya gara-gara selebrasi mencopot kaos, bukan pelanggaran terhadap lawan.

Di masa lalu inilah nama-nama pemain yang pernah terkena hukuman wasit cuma gara-gara mencopot kaosnya.

  • Pemain Liverpool Robbie Fowler mencopot kaosnya, memperlihatkan kaos dalam berisi dukungan terhadap pemogokan buruh pelabuhan Liverpool, “dockers”, namun dengan hurus CK besar, dari Calvin Klein.
  • Thierry Henry waktu masih membela Arsenal pernah mencopot kaos, memperlihatkan koas berisi ucapan “For the new-born Kyd”, yang ditujukan pada temannya, seorang penyanyi Texas Amerika, Sharleen Spiteri.

Ada sejumlah hukuman lainnya untuk perayaan gol yang tidak sopan, menurut ukuran FIFA, misalnya:

  • Carlos Tévez waktu masih bermain untuk Boca Juniors Argentina, merayakan gol dengan menirukan gerakan ayam, mengejek suporter lawannya, River Plate. Kebetulan kedua klub merupakan musuh bebuyutan, dan kalau sedang berlaga semua orang berdiam di rumah untuk menghindari bentrokan fans di jalanan kota.
  • Pemain Lazio Italia, Paulo di Canio, dihukum karena merayakan gol dengan salam salut khas Hitler.
  • Eobbie Fowler juga pernah dihukum wasit gara-gara merayakan gol dengan menirukan gerakan menghisap kokain dari lubang hidungnya di atas garis putih lapangan.
  • Pemain Manchester City Emmanuel Adebayor dikartu kuning karena merayakan golnya di hadapan fans Arsenal. Hal itu terasa sensitif karena ia baru beberapa bulan meninggalkan Emirates Stadium.
  • David Norris dari Ipswich Town dihukum denda karena menirukan tangan terborgol waktu merayakan gol. Ia hendak mengingat seorang rekans etim yang ditangkap polisi karena mengemudikan kendaraan dalam keadaan mabuk.

Selain hal-hal di atas, dan mencopot kaos yang dianggap melanggar peraturan, meloncat ke kursi penonton juga dianggap pelanggaran oleh wasit karena meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit. Setiap pemain yang meloncat ke wilayah penonton akan kena kartu kuning oleh wasit.