Inilah Penjelasan Jose Mourinho Soal Taktik Chelsea

Manajer Chelsea Jose Mourinho mengakui, timnya perlu menemukan cara menembus kebuntuan saat menghadapi tim yang menerapkan taktik defensif guna meredam serangan-serangan Chelsea. Hal ini diperlukan jika mereka ingin meraih sukses gelar Premier League musim ini. Mourinho sejauh ini telah membuktikan dirinya sebagai master dari strategi menihilkan serangan lawan selama satu dekade terakhir, tetapi ia telah memperingatkan timnya bahwa mereka harus […]

Internasional Liga Inggris  - Inilah Penjelasan Jose Mourinho Soal Taktik Chelsea

Manajer Chelsea Jose Mourinho mengakui, timnya perlu menemukan cara menembus kebuntuan saat menghadapi tim yang menerapkan taktik defensif guna meredam serangan-serangan Chelsea. Hal ini diperlukan jika mereka ingin meraih sukses gelar Premier League musim ini.

Mourinho sejauh ini telah membuktikan dirinya sebagai master dari strategi menihilkan serangan lawan selama satu dekade terakhir, tetapi ia telah memperingatkan timnya bahwa mereka harus memiliki jawaban untuk tim lawan yang menggunakan taktik serupa dengan mereka.

Adalah Mourinho yang pertama kali menciptakan istilah ‘parkir bus’ untuk menggambarkan tim yang mengusahakan segala upaya mereka untuk memblokir rute lawan ke gawang dan menunjukkan hanya sedikit ambisi untuk menyerang.

Pelatih asal Portugal ini percaya pertandingan melawan semacam tim-tim dengan taktik negatif seperti ini akan menjadi sangat penting untuk meraih kemuliaan Premier League.

Tim-tim dengan taktik bertahan seperti West Ham, Aston Villa dan Sunderland telah menyebabkan Chelsea kehilangan poin dalam perlombaan meraih hadiah utama sepakbola Inggris musim lalu, dan dia berharap pemainnya tidak akan membuat kesalahan yang sama kali ini.

“Kami telah memikirkan cara bermain melawan tim yang defensif, yang mencoba untuk menutup semua jalan ke gawang mereka. Kami harus memperbaiki karakter kami, tapi kita perlu lebih banyak kualitas,” kata Mourinho seperti dikutip dalam Daily Mirror menjelang laga pembukaan timnya vs tuan rumah Burnley, Senin.

“Pada pertandingan tertentu, bila Anda tidak memiliki ruang dan waktu untuk bermain, Anda membutuhkan lebih banyak kualitas. Kami bekerja ke arah itu, bagaimana cara bermain melawan tim yang sangat kompak, yang menaruh sepuluh pemain di belakang bola.”

“Kami telah bekerja pada hal itu dalam pelatihan, menyimulasikan tim yang menjadi defensif dan mencoba untuk menutup semua jalan menuju gawang [mereka].”

“Kami harus menjadi tim yang lebih baik daripada musim lalu dan saya percaya para pemain ini dapat membantu kita.”

Mourinho menegaskan, pihaknya kini lebih lengkap dibandingkan musim lalu, namun masih jauh dari kata selesai setelah merekrut para pemain di musim panas ini: Cesc Fabregas, Filipe Luis, Diego Costa dan Didier Drogba.

“Skuad saya sangat baik, tidak sempurna, tapi sangat bagus,” tambahnya. “Ini memiliki karakter dan kepribadian, memiliki orang-orang dengan ambisi. Kita membahas banyak posisi. Saya sangat senang dengan skuad ini.”

“Kami memiliki perbaikan dalam kelompok kiper [dengan Thibaut Courtois kembali dari masa pinjamannya]. Kami telah meningkatkan sisi pertahanan juga karena kita punya Kurt Zouma dan Filipe Luis dan yang memberi kita lebih banyak keseimbangan.”

“Filipe adalah bek kiri murni yang memungkinkan Cesar Azpilicueta untuk bermain di kanan dan Branislav Ivanovic bisa bermain di tengah, sehingga memberi kita lebih banyak pilihan.”

“Cesc adalah jenis pemain yang kami tidak punya. Kami memiliki pemain yang berlari dari kotak penalti yang satu ke kotak penalti yang lain, pelari, pemain yang stabil. Kami tidak pernah memiliki otak sepakbola semacam ini sehingga [kondisi] telah membaik.

“Costa memiliki kekuatan, mobilitas dan kualitas teknis yang meningkatkan tim. Didier masih merupakan pemain dengan kualitas penting dan dia punya kemampuan khusus dalam tim untuk membujuk orang bekerja lebih keras.”

Apa pendapat gibolers soal taktik Chelsea di musim baru?

Sepakbola.cc