Inilah Rahasia Menggagalkan Tendangan Penalti Lionel Messi

Kiper berusia 31 tahun ini melakukan pekerjaan rumahnya dengan baik sehingga ia berhasil menghentikan penalti babak pertama dari kapten Argentina selagi Selecao menang 2-0 di laga persahabatan mereka di Beijing, China.

Kiper timnas Brasil Jefferson mengungkapkan, ia mempelajari secara detail cara Lionel Messi mengambil hukuman penalti sebelum laga yang berakhir dengan kemenangan Selecao 2-0 di Gillette SuperClasico de las Americas vs Argentina pada Sabtu malam WIB.

Kiper klub Botafogo itu berhasil menyelamatkan penalti bintang Barcelona di babak pertama pertandingan yang berlangsung di Stadion Bird Nest di Beijing setelah tendangan voli Diego Tardelli membawa Brasil memimpin dengan gol internasional pertamanya.

Striker itu menyerang lagi di babak kedua sehingga pasukan Dunga bisa memenangkan pertemuan ke-100 antara kedua musuh bebuyutan itu dan Jefferson mengatakan aksi heroik penaltinya bergantung pada persiapannya sebelum pertandingan.

“Saya telah mempelajari cara Lionel Messi mengambil hukuman,” kata Jefferson kepada Globo.

“Saya menunggu sampai detik-detik terakhir untuk membanting tubuh ke kanan, sehingga eksekutor memiliki sedikit saja kesempatan. Dia mengambilnya di sisi terbaiknya, dan saya sangat senang bisa menyelamatkan penalti itu.”

Itu merupakan kegagalan penalti ke-13 sepanjang karir Messi dan pelatih kiper Brasil Taffarel mengungkapkan, keputusan Jefferson untuk tetap berdiri tegak adalah kunci untuk menggagalkan penalti.

“Kami selalu mempelajari berbagai aksi penalti sebelum pertandingan. Tapi Messi adalah seseorang yang hebat dengan kaki kiri dan kanan,” kata mantan kiper Brasil itu.

“Rahasia terbesar Jefferson adalah bahwa ia masih berdiri sampai detik terakhir. Ia hebat di sana [melawan Messi] dan membuat sebuah penyelamatan hebat.”

Diego Tardelli menggandakan keunggulan Brasil saat ia menanduk satu umpan sepak pojok, memberikan pelatih baru Dunga kemenangan ketiga beruntun sejak kembali ke posisinya.