Inilah tim multiras pertama di dunia

Inilah tim multiras pertama di dunia!

Isu rasisme menyeruak di Euro 2012. Salah satu yang paling mencolok mata adalah pelemparan pisang ke pinggir lapangan oleh suporter Kroasia dan ditujukan kepada striker Italia Mario Balotelli. UEFA kini tengah bersiap menjatuhkan hukuman keras kepada timnas Kroasia terkait masalah tersebut.

Sebelum ini Belanda sudah merasakan teriakan penonton saat mereka berlatih bersama sejumlah pemain berkulit hitam. Masalah warna kulit (dan sebenarnya juga masalah agama di belakangnya) makin merusak suasana persaudaraan yang sebenarnya hendak dibangun melalui sebuah turnamen bola layaknya Euro 2012.

Nah, jika dunia yang kita huni ini harus berterima kasih maka seharusnya mereka berterima kasih kepada tim Perancis! Merekalah tim yang pertama kali menggunakan pemain dengan warna kulit warna warni. Dan bahkan menjadi juara dunia!

Ya dunia melihat pertama kalinya pada tahun 1998 saat Perancis menjuarai Piala Dunia dengan pemain-pemain yang kulitnya bermacam-macam. Mereka berdiri bersebelahan saling merangkul, dan mereka berasal dari keturunan Afrika, jajahan Perancis di Karibia, maupun keturunan Armenia. Salah satu pemain berkulit putih Perancis saat itu adalah Laurent Blanc, yang kini di Euro 2012 menjadi pelatih timnas Perancis.

Pemandangan multiras timnas Perancis saat menjuarai Piala Dunia 1998 itu menyebabkan Jerman terbangun dari tidur dan mencoba mencari bakat-bakat pemain bola di antara para imigran Afrika dan Asia di negaranya. Saat menjadi juara tiga di Afrika Selatan tahun 2010, Jerman sudah diperkuat beberapa pemain asal negara lain, seperti Miroslav Klose dan Lukas Podolski yang keturunan Polandia, Mesut Özil yang keturunan Turki, dan Jerome Boateng yang berayahkan pria Ghana, Afrika.

Faktanya adalah, saudara Jerome, Kevin Prince Boateng bermain saat itu memilih untuk bermain bagi timnas Ghana.

Piala Dunia 2010 akan dikenang sebagai salah satu turnamen yang paling berwarna pemainnya. Sejumlah pemain Inggris dan Belanda sudah bukan kulit putih lagi. Di timnas Perancis seorang pemain kulit putih, Franck Ribery, memilih masuk Islam. Waktu itu hanya dua tim yang seluruhnya berkulit putih, yakni Spanyol dan Italia.

Namun sebentar lagi kemungkinan itu akan berubah. Sebanyak 7% penduduk Italia adalah imigran, dan 10% populasi Spanyol juga begitu. Proporsinya lebih besar lagi di kalangan muda usia. Sehingga cuma masalah waktu sebelum muncul pemain berkulit hitam di timnas Spanyol. Italia saat di Euro 2012 ini sudah punya Mario Balotelli.

Perancis mungkin setengah dari anggota timnya Muslim. Karem Benzema, Mesut Özil, Sami Khedira, Franck Ribéry, dan Samir Nasri adalah sekedar beberapa nama di antaranya. Di masa lalu ada nama legendaris Zinedine Zidane.

Persoalan rasisme sebenarnya juga terjadi di timnas Inggris. John Terry dicopot ban kaptennya karena ucapannya yang menyinggung ras saat bertengkar dengan salah satu adik Rio Ferdinand. Kenyataannya Rio Ferdinand tidak diajak bergabung dalam tim The Three Lions karena pelatih Roy Hodgson takut masalah ini akan mempengaruhi kerjasama mereka di lapangan.