Jadwal dan Prediksi Borussia Dortmund vs Bayern Munich, Germany Super Cup

Nanti malam waktu Indonesia akan ada laga Germany Super Cup antara Bayern Munich vs Borussia Dortmund. Menurut jadwal laga dimulai pukul 23.00 WIB, namun sejauh ini tidak ada TV Indonesia yang akan menyiarkan laga tersebut secara live. Robert Lewandowski akan membuat debut resminya bersama Bayern Munich melawan klub lamanya, Borussia Dortmund, di Germany Super Cup yang […]

Internasional Liga Jerman  - Jadwal dan Prediksi Borussia Dortmund vs Bayern Munich, Germany Super Cup
Nanti malam waktu Indonesia akan ada laga Germany Super Cup antara Bayern Munich vs Borussia Dortmund. Menurut jadwal laga dimulai pukul 23.00 WIB, namun sejauh ini tidak ada TV Indonesia yang akan menyiarkan laga tersebut secara live.

Robert Lewandowski akan membuat debut resminya bersama Bayern Munich melawan klub lamanya, Borussia Dortmund, di Germany Super Cup yang menandai awal musim sepakbola Jerman.

Bayern menyapu juara Bundesliga dan juara Piala Jerman, sehingga akan menghadapi tuan rumah Dortmund, yang merupakan runner-up liga dan finalis Piala Jerman yang kalah.

Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui tentang pertandingan Rabu:

KEMBALINYA LEWANDOWSKI: Dortmund menolak untuk mengizinkan Lewandowski pindah ke Bayern sebelum kontraknya berakhir, tidak mempedulikan tawaran uang besar dan kuat. Lewandowski sungguh tidak senang karena tidak diizinkan untuk pergi, tapi itu tidak berpengaruh pada penampilannya. Striker asal Polandia itu menyelesaikan musim sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga dengan 20 gol. “Pertandingan ini sangat istimewa baginya [Lewandowski]. Ia bermain selama empat tahun di sana dengan sukses besar,” kata pelatih Bayern Pep Guardiola.

DORTMUND YANG MURKA: Dortmund marah ketika Presiden Bayern Karl-Heinz Rummenigge mengungkapkan bahwa penyerang Marko Reus memiliki klausul pembelian dalam kontraknya yang akan memungkinkan dia untuk meninggalkan Dortmund sebelum akhir kontraknya di 2017. Dortmund mengatakan, Bayern lagi-lagi mencoba untuk memikat salah satu pemainnya, dalam gaya yang sama saat mengambil pemain depan Mario Goetze musim lalu. Bayern kemudian juga mengambil Lewandowski ketika pemain Polandia itu berstatus bebas transfer, setelah gagal mencoba mengontraknya sebelum waktu itu berakhhir. Baik Reus maupun Goetze diharapkan untuk turun main malam ini. Reus melewatkan Piala Dunia karena cedera.

Goetze, yang mencetak gol kemenangan di final Piala Dunia melawan Argentina baru-baru ini saja kembali ke pelatihan.

PEMAIN YANG ABSEN: Kedua tim tidak diharapkan untuk menggunakan banyak pemain dari skuad nasional yang memenangi Piala Dunia Jerman. Para pemain baru saja kembali berlatih setelah liburan panjang, dan belum cocok lagi untuk tugas penuh waktu.

Pelatih Bayern Pep Guardiola mengatakan hanya delapan atau sembilan pemain yang benar-benar fit untuk pertandingan penuh, menunjukkan bahwa ia boleh jadi akan menurunkan beberapa pemain muda.

Pada saat yang sama, Guardiola membantah laporan media bahwa gelandang Thiago Alcantara akan absen sampai Oktober, dan mengatakan, “Thiago akan kembali lebih awal.”

Salah satu bintang Piala Dunia Bayern, kiper Manuel Neuer, mengatakan tim akan menurunkan susunan pemain yang “mampu mengalahkan Dortmund.” Dortmund akan turun tanpa kapten baru Mats Hummels, yang baru memulai pelatihan pada hari Senin lalu, bersamaan dengan Reus. Daftar cedera termasuk Nuri Sahin, Jakub Blaszczykowski dan Ilkay Gundogan.

MUSUH BEBUYUTAN: Dua klub Jerman atas telah mengembangkan persaingan sampai pada tingkat bahwa “pada prinsipnya, tidak ada pertandingan persahabatan ketika Bayern dan Dortmund saling berhadapan,” menurut Neuer. Guardiola mengatakan ini adalah “gelar pertama musim ini … sebuah partai final bukan coba-coba.”

Sementara itu pelatih Dortmund Juergen Klopp mengatakan bertanding melawan Bayern “selalu istimewa tapi kalah darinya bukan masalah besar dan tidak akan berdampak pada musim baru Bundesliga.” Dortmund mengalahkan Bayern 4-2 di Germany Super Cup tahun lalu, dalam pertandingan resmi pertama Guardiola sebagai pelatih Bayern, namun Bayern setelahnya menyapu bersih kedua gelar juara domestik.

PEMAIN BARU: Kedua tim bisa saja menurunkan pemain baru. Selain Lewandowski, Bayern juga menandatangani bek Spanyol Juan Bernat, kiper Pepe Reina, dan gelandang Sebastian Rode. Dortmund menandatangani bek Piala Dunia Matthias Ginter dari Freiburg, dan tiga striker untuk mengkompensasi kepergian Lewandowski: Ciro Immobile, Adrian Ramos dan Ji Dong-won.