Jadwal dan Prediksi Prancis vs Spanyol, Friendly 5/9/2014
Dinihari nanti akan menandai datangnya era baru bagi sepakbola Spanyol.

Mendominasi sepakbola Eropa dan dunia selama 12 tahun terakhir dengan tiga gelar kejuaraan utama, tim Matador tampil melempem di Piala Dunia 2014 Brasil.

Mereka lalu melakukan perombakan besar-besaran dan sebagai hasilnya, ada sembilan pemain senior yang tidak ikut serta dalam laga dinihari WIB nanti, entah pensiun atau cedera.

Juan Mata, Fernando Torres, Javi Martinez, Pepe Reina, Gerard Pique, Xabi Alonso, Xavi Hernandez dan David Villa tidak akan turun dalam laga melawan Prancis. Sebagai gantinya manager Vicente del Bosque menarik delapan pemain baru ke skuad nasional, dengan lima di antaranya tanpa pengalaman internasional. 

Demikian juga Prancis yang juga gagal bersinar, hanya sampai babak perempatfinal di Piala Dunia Brasil, memulai tahapan sepakbola baru karena mereka akan menjadi tuan rumah Euro 2016 dalam waktu dua tahun ke depan.

Manager Didier Deschamp mengaku tidak akan melakukan banyak perubahan atau eksperimen. Ia akan menurunkan susunan pemain yang mirip dengan apa yang dilakukannya di perempatfinal Piala Dunia lalu. Alasannya? “Saya belum melihat bagaimana penampilan setiap orang antara mereka yang telah bermain dan mereka yang tidak,” katanya, selagi skuad Prancis berkumpul di markas latihan Clairefontaine di selatan Paris.

Pasukan Didier Deschamps lebih unggul dibandingkan Spanyol dalam penguasaan lapangan tengah dan depan, di mana pemain seperti Karim Benzema, Paul Pogba, Blaise Matuidi dan Antoine Griezmann lebih menjanjikan di atas kertas.  Olivier Giroud tidak tampil karena tengah cedera.

Sementara itu di lini belakang, Prancis tampil tanpa Laurent Koscielny yang cedera, sehingga kemungkinan besar pemain Liverpool Sakho punya kesempatan untuk membuktikan dirinya di bek tengah bersama Raphael Varane.

Franck Ribery, pemain sayap Bayern Munich yang gagal ikut serta di Piala Dunia karena cedera punggung, tidak akan muncul karena sudah menyatakan pensiun dari sepakbola internasional. demikian juga kiper Mickael Landreau yang menyatakan pensiun.

Prancis punya catatan rekor yang buruk ketika berhadapan dengan Spanyol. Tapi dengan absennya sembilan pemain senior Spanyol, mungkin saja ada perubahan arah angin. Apalagi di laga ini Prancis bertindak sebagai tuan rumah. Les Bleus lebih difavoritkan menang dibandingkan La Roja. Kalau pun ada yang mengganjal, itu adalah duet Cesc Fabregas dan Diego Costa di di tengah-depan. Namun sepakbola terdiri dari 11 pemain, bukan hanya dua saja.

Setelah menghadapi juara bertahan Eropa itu, Prancis akan tampil bermain Serbia di Beograd pada hari Minggu guna kualifikasi Euro 2016, di mana mereka akan menjadi tuan rumah.

Kemungkinan Starting XI:

Prancis: Lloris, Debuchy, Varane, Sakho, Digne, Matuidi, Pogba, Schneiderlin, Cabaye, Benzema, Griezmann

Spanyol: De Gea, Juanfran, Ramos, San Jose, Alba, Fabregas, Cazorla, Busquets, Koke, Iturraspe, Costa

 

Advertisement