"Jika Sepakbola Modern Sesibuk Ini, Pemain Bola Pensiun Di Awal 30-an"
Jika sepakbola modern sesibuk ini, bisa-bisa pemain bola harus pensiun di awal 30-an.

Itu sudah dua orang manajer yang bilang begitu: Pep Guardiola dari Bayern Munich dan Juergen Klopp dari Borussia Dortmund.

Keduanya sepakat bahwa kelelahan dari tingkat kesibukan sepakbola sudah melemahkan kesehatan para pemain.

Pelatih Borussia Dortmund Jurgen Klopp telah mendukung sikap Pep Guardiola bahwa kalender sepakbola yang sibuk merusak kesehatan para pemain.

Pep Guardiola menyatakan pada awal pekan ini bahwa jadwal sibuk sepakbola modern telah “membunuh para pemain” dan Klopp kini telah memperingatkan bahwa para pemain akan terpaksa pensiun di awal 30-an mereka jika situasi tidak berubah.

“Dalam waktu 10 tahun, tidak akan ada lagi pemain yang tetap bermain sampai mereka berumur 35,” kata Klopp seperti dikutip oleh Bild.

“Mantan pemain dalam posisi berpengaruh [manajer/pelatih] tampaknya telah lupa betapa sulitnya (jadi pemain) selama karir aktif mereka. Kita harus kembali ke bagaimana hal itu sebelumnya.”

“Kita akan memiliki Kejuaraan Euro dengan 24 tim pada tahun 2016 karena beberapa orang tampaknya menyukai ide itu. Bagi para pemain, ini tidak masuk akal …”

Klopp juga mengatakan soal kebugaran Mats Hummels dan mengharapkan pemain itu sudah bisa turun kembali melawan Stuttgart di ajang Bundesliga pada hari Rabu.

Hummels belum fit benar untuk Dortmund karena masalah otot, tapi pemain berusia 25 tahun telah melakukan pemulihan dalam beberapa pekan terakhir dan Dortmund bersiap menerima dorongan moral dengan bek itu bersiap kembali ke lapangan hijau.

“Tampaknya baik untuk Mats Hummels. Ia berlatih tanpa masalah.”

“Kami harus memutuskan seberapa banyak sebenarnya pelatihan intensif yang diperlukan. Ia sedang berlibur, berlatih dua minggu, lalu harus berhenti selama 12 atau 13 hari karena beberapa masalah kecil. Tapi sejak itu dia kembali berlatih.”

“Mengingat situasi kami [di liga] ada kemungkinan besar bahwa Mats akan ada di skuad. Tapi dia tidak akan bermain dari awal atau selama 90 menit.”

“Jika kami harus memasukkan dia (sebagai pemain pengganti), itu tidak akan menjadi masalah karena sudah tidak ada masalah.”

Advertisement