Kalau Pun Aljazair Kalah, Itu Karena Masalah Sensitif Ini

Rupanya jauh sebelum Piala Dunia dimulai, media massa di Aljazair sudah rajin membully pelatih timnas Vahid Halilhodzic, dengan isu boleh-tidaknya para pemain berpuasa saat Piala Dunia. Aljazair akan menantang Jerman, pagi nanti pukul 03.00 WIB. Bahkan sampai detik-detik terakhir, yakni jumpa pers laga Aljazair vs Prancis, pelatih Vahid Halilhodzic masih ditanya pers negeri itu soal yang sama lagi. Dengan […]

Internasional Piala Dunia  - Kalau Pun Aljazair Kalah, Itu Karena Masalah Sensitif Ini

Rupanya jauh sebelum Piala Dunia dimulai, media massa di Aljazair sudah rajin membully pelatih timnas Vahid Halilhodzic, dengan isu boleh-tidaknya para pemain berpuasa saat Piala Dunia.

Aljazair akan menantang Jerman, pagi nanti pukul 03.00 WIB.

Bahkan sampai detik-detik terakhir, yakni jumpa pers laga Aljazair vs Prancis, pelatih Vahid Halilhodzic masih ditanya pers negeri itu soal yang sama lagi.

Dengan jengkelnya pelatih keturunan Prancis dan Bosnia yang beragama Islam itu mengancam akan meninggalkan ruangan jumpa pers di Porto Allegre itu jika masih menjumpai pertanyaan yang sama.

“Jika kamu mengajukan pertanyaan ini, kamu kehilangan rasa hormat dan etika. Saya mau ini dihentikan. Stop semua kontroversi ini. Mari kita bicara soal bola,” tegasnya. “Dan berhentilah mengajukan pertanyaan soal Ramadhan. Atau saya akan angkat kaki dari sini.”

Semua bermula ketika media massa Aljazair menuduh pelatih Halilhodzic melarang para pemain untuk berpuasa saat melakukan pertandingan. Pelatih keturunan Bosnia-Prancis itu menuding media berusaha memunculkan rasa kebencian terhadap diri dan keluarganya. “Sungguh menjijikkan,” katanya.

Laga vs Jerman dimulai sekitar satu jam sebelum maghrib di kota Porto Allegre.

Bahkan asosiasi sepakbola Aljazair sampai perlu mengeluarkan bantahan khusus perihal kabar yang beredar di berbagai suratkabar tersebut. Pelatih Halilhodzic yang sudah memimpin timnas selama tiga tahun diklaim memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap agama Islam.

Keputusan untuk berpuasa atau tidak diserahkan kepada para pemain Aljazair, tegas Halilhodzic. Soal berpuasa atau tidak bukanlah isu yang bisa memecah belah timnas Aljazair, katanya lagi. “Puasa adalah masalah pribadi masing-masing, dan pemain akan melakukannya sesuai keinginan mereka,” tegasnya.

Susunan pemain Aljazair sejauh ini cukup mencengangkan, terbukti dengan kemenangan 4-2 vs Korea Selatan dan 1-0 vs Rusia, meski menderita kekalahan 1-2 vs Belgia.

Sepakbola.cc