Berita Bola - Kasihan Negara Ini, Diterima di UEFA, Ditolak di FIFA -
Saking sempitnya Gibraltar, lapangan bola pun dibangun di bawah salah satu gunung karang

Asosiasi Sepakbola Gibraltar akan mengajukan banding atas keputusan FIFA menolak aplikasi mereka untuk menjadi anggota.

Presiden FIFA Sepp Blatter menyatakan pada hari Jumat bahwa Gibraltar tidak dapat diterima sebagai anggota karena ketentuan statuta FIFA melarang keanggotaan dari wilayah independen yang bukan negara sendiri.

Gibraltar terletak di sisi selatan wilayah Spanyol, tapi karena satu perjanjian di masa lalu, merupakan milik Inggris. Hukum yang berlaku adalah hukum Inggris. Demikian juga polisi yang bertugas adalah polisi Inggris.

Namun Gibraltar sudah resmi menjadi anggota UEFA tahun 2013 lalu setelah banding ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga yang mengabulkan proposal mereka, dan sekarang agaknya wilayah itu akan mengambil langkah-langkah yang sama untuk menantang FIFA.

“Asosiasi bola Gibraltar sangat kecewa dengan keputusan yang diambil oleh tubuh sepakbola dunia, FIFA, pada pertemuan Komite Eksekutif pekan ini, yang menolak aplikasi keanggotaan kami dengan alasan bahwa Gibraltar bukanlah negara yang merdeka,” demikian pernyataan yang dirilis pada hari Jumat.

BACA JUGA  Hasil Republik Ceko vs Lithuania, 23 Maret 2017

“Keputusan itu diumumkan sore ini pada konferensi pers, setelah pertemuan Komite Eksekutif FIFA, oleh Presiden FIFA Sepp Blatter.”

“Asosiasi Sepakbola Gibraltar sangat kecewa bahwa isu-isu politik diperbolehkan untuk mengganggu dan dipertimbangkan oleh presiden di atas pertimbangan olahraga.”

Dengan menjadi anggota UEFA namun tidak anggota di FIFA maka Gibraltar bebas mengikuti turnamen-turnamen di bawah UEFA seperti Euro dan Champions Cup atau Europa Cup untuk level klub, namun tidak bisa ikut kualifikasi Piala Dunia yang diselenggarakan oleh FIFA.

Gibraltar sudah memainkan laga kualifikasi pertamanya untuk Euro 2016 awal bulan ini, dan kalah 7-0 ke Polandia.

Sebelum ini Spanyol selalu mengganjal dengan sekuat hati lamaran keanggotaan Gibraltar pada sidang UEFA, yakni pada tahun 1999 dan 2007. Spanyol tidak senang karena wilayah berbatu karang di ujung selatan wilayah Spanyol itu, berseberangan dengan benua Afrika, adalah wilayah jajahan Inggris di dalam wilayah Spanyol.

BACA JUGA  Jamie Vardy Dikawal Ekstra Ketat Karena Ancaman Pembunuhan!

Berita Bola - Kasihan Negara Ini, Diterima di UEFA, Ditolak di FIFA -

Penerimaan Gibraltar akan menihilkan usaha-usaha Spanyol untuk menegakkan klaim atas wilayah kecil berpenduduk 29.000 orang tersebut.

Selain itu jika Gibraltar diterima, maka ada kekuatiran 17 wilayah otonom lain di Spanyol, semisal Basque dan Catalonia (yang membawahkan antara lain kota Barcelona), keduanya di perbatasan dengan Prancis, akan mengirimkan lamaran keanggotaan serupa ke UEFA.

Pada sidang UEFA tahun 2007 ketika hanya tiga negara yang mendukung aplikasi Gibraltar, Spanyol mengancam akan menarik semua tim dari kompetisi UEFA jika Gibraltar sampai masuk. Ancaman menarik mundur klub seperti Real Madrid dan Barcelona itu tidak pernah ditepati sampai dengan hari ini.

Pada sidang terakhir UEFA tahun 2013, hanya Spanyol dan Belarusia yang menolak keanggotaan Gibraltar.

Gibolers! Berikan komentar terbaikmu untuk berita bola ini!