Kasihan, Pemain Ajax Ini Cacat Otak Selamanya

Masih ingat Abdelhak Nouri? Pemain Ajax yang jatuh pingsan di lapangan itu dinyatakan mengalami kerusakan otak permanen. Bagaimana bisa?

Internasional  - Kasihan, Pemain Ajax Ini Cacat Otak Selamanya

Gelandang Ajax Abdelhak Nouri menderita “kerusakan otak serius dan permanen” setelah ambruk dalam sebuah pertandingan persahabatan hari Sabtu lalu.

Pemain berusia 20 tahun itu mengalami “aritmia jantung” – gangguan irama jantung – selama pertandingan melawan Werder Bremen, akhir pekan lalu.

Klub tersebut mengatakan bahwa sama sekali tidak ada kemungkinan pemulihan dari kerusakan otak. Atau dengan kata lain, karir Abdelhak Nouri sebagai pemain sepak bola sudah berakhir. Entah apa dampak kerusakan otak itu sebagai manusia biasa.

Ditambahkan: “Menurut diagnosis, otaknya sudah tidak berfungsi. Semua ini mungkin terjadi karena kurangnya suplai oksigen.”

Pada hari Senin, klub tersebut mengatakan bahwa tes menunjukkan “jantungnya berfungsi normal” dan pemindaian otak tidak mendeteksi “anomali apapun” – namun tes terkini menunjukkan tingkat kerusakan parah dari otaknya akibat kehabisan oksigen selama ia terjatuh pingsan di lapangan.

Pemain kelahiran Amsterdam itu diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit di Austria – dengan pertandingan persahabatan tersebut yang memasuki tahap akhir babak kedua, batal dilanjutkan.

Ajax mengatakan dia akan segera dipindahkan ke rumah sakit di Amsterdam untuk perawatan lebih lanjut.

Mantan kiper Manchester United dan Fulham, Edwin van der Sar, yang saat ini menjabat sebagai CEO di Ajax, mengatakan: “Ini adalah pesan terburuk yang mungkin terjadi, mengerikan sekali. Kami bersimpati dengan orang tua, saudara kandung, dan kerabat lainnya.”

“Berita buruk ini sangat sulit diterima oleh Ajax, meski kami tahu kami harus mempertimbangkan skenario ini. Hari-hari ke depan ini akan menjadi sangat tidak pasti. Ada banyak orang dengan cara yang berbeda-beda telah menyampaikan rasa simpati mereka dengan situasi ini dan kami sangat menghargai itu.”

“Abdelhak adalah seorang pemain yang hebat, tapi sayangnya kami tidak akan pernah tahu sejauh mana kecemerlangannya akan tercapai jika hal ini tidak terjadi.”

Nouri memainkan 15 pertandingan liga dan piala untuk Ajax pada musim 2016-2017, mencetak satu gol dalam laga Piala Belanda.

Simpati kami sepenuhnya untuk Ajax dan Abdelhak Nouri.