Kemerdekaan Skotlandia Tutup Peluang Glasgow di Euro 2020

Komite Eksekutif UEFA akan bertemu untuk melakukan voting guna menentukan 12 sampai 13 kota di Eropa yang akan menjadi tuan rumah bersama EURO 2020. Rapat itu dilangsungkan pada tanggal 19 September, sehari setelah referendum kemerdekaan Skotlandia yang dijadwalkan pada 18 September 2014. Jika suara “Ya” menang di referendum tersebut, yang berarti rakyat Skotlandia memilih untuk merdeka […]

Internasional Liga Inggris Piala Eropa  - Kemerdekaan Skotlandia Tutup Peluang Glasgow di Euro 2020
Komite Eksekutif UEFA akan bertemu untuk melakukan voting guna menentukan 12 sampai 13 kota di Eropa yang akan menjadi tuan rumah bersama EURO 2020.

Rapat itu dilangsungkan pada tanggal 19 September, sehari setelah referendum kemerdekaan Skotlandia yang dijadwalkan pada 18 September 2014.

Jika suara “Ya” menang di referendum tersebut, yang berarti rakyat Skotlandia memilih untuk merdeka dari pemerintahan Inggris, maka peluang Glasgow menjadi salah satu tuan rumah EURO 2020 bisa tertutup.

Kemungkinan hasil referendum menuju kemerdekaan itu disebut dalam sebuah laporan UEFA.

Aspek hukum dari proposal Skotlandia “mungkin harus kembali diperiksa” jika negara itu memilih merdeka.

“Saat Skotlandia menjadi bagian dari Inggris, kondisi hukumnya sebagian besar – tetapi tidak sepenuhnya – identik dengan Inggris dan Wales,” laporan tersebut menambahkan.

Maksudnya adalah begini. UEFA mengharuskan kota-kota yang melamar menjadi tuan rumah Euro 2020 untuk melampirkan aspek komersial, hiburan, serta dukungan finansial dan administratif dari pihak pemerintahan kota yang bersangkutan, dan dukungan hukum. Dua aspek terakhir itulah yang diragukan akan bisa diberikan oleh Skotlandia jika wilayah itu memutuskan untuk merdeka dari Inggris.

Saat ini ada 19 kota di Eropa yang akan memperebutkan 12-13 posisi sebagai tuan rumah Euro 2020. Hanya London dan Munich yang melamar mejadi tuan rumah partai semifinal dan final. Sisanya melamar untuk laga-laga grup dan 16 Besar. Jika diterima maka satu kota akan menjamu tiga laga penyisihan grup dan satu partai perempat final.

Jika Glasgow dicoret, maka persaingan hanya terjadi di antara 18 kota saja. Jika Jerusalem, Israel, juga dicoret karena masalah keamanan, maka tinggal 17 kota saja.

Internasional Liga Inggris Piala Eropa  - Kemerdekaan Skotlandia Tutup Peluang Glasgow di Euro 2020

 
Stadion Millenium di Cardiff mendapat laporan hasil evaluasi yang bagus, tapi inspektur pemeriksa menunjukkan satu kelemahan, para gilabola harus menggunakan bandara di Bristol atau bahkan London untuk bepergian.

Kota Dublin di Irlandia mendapatkan salah satu laporan evaluasi terbaik di antara 19 penawar. Sementara itu tawaran Wembley umumnya dinilai positif dan mirip dengan saingan utama mereka untuk final, Allianz Arena di Munich.

Namun, zona untuk para gilabola yang diusulkan di luar pusat kota London dinilai hanya “memuaskan” dan rencana untuk zona fans bola di kota-kota lain Inggris dinilai “sangat lemah”.

Usulan zona fans di Munich dinilai sebagai “menarik”, tapi rencana untuk zona penggemar di kota-kota Jerman lainnya juga dinilai “lemah”.

Stadion Wembley dianggap sebagai salah satu favorit kuat lokasi partai semi final dan final setelah asosiasi sepakbola Jerman mengumumkan tidak akan terlalu keras berpromosi untuk Munich, agar mereka bisa berkonsentrasi pada upaya untuk menjadi tuan rumah Euro 2024 di seluruh Jerman.

Sepakbola.cc