“Kenapa Pelatih Inggris Harus Seumur Kakek?”

12

Bermain selama 12 tahun di Old Trafford, dan sekarang meniti karir baru di Queens Park Rangers, klub lama yang kembali promosi ke Premier League, Rio Ferdinand mencanangkan cita-cita menjadi manager timnas Inggris saat pensiun nanti. Pemain berusia 35 tahun itu bertekad menjadi pelatih dan manager tim Inggris berusia muda, mengecam kebijakan saat ini yang menaruh […]

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - "Kenapa Pelatih Inggris Harus Seumur Kakek?"

Bermain selama 12 tahun di Old Trafford, dan sekarang meniti karir baru di Queens Park Rangers, klub lama yang kembali promosi ke Premier League, Rio Ferdinand mencanangkan cita-cita menjadi manager timnas Inggris saat pensiun nanti.

Pemain berusia 35 tahun itu bertekad menjadi pelatih dan manager tim Inggris berusia muda, mengecam kebijakan saat ini yang menaruh pelatih berusia sepuh di posisi tersebut. Ia menyebut kebijakan pelatih berusia senior itu bertentangan dengan gejala yang terjadi di seluruh dunia. Menurut dia, FA Inggris ketinggalan 10 tahun!

Rio Ferdinand baru saja pindah ke QPR dengan status bebas transfer di akhir musim lalu, membawanya mengakhiri karir penuh trofi selama 12 tahun di Manchester United.

Mendekati senja karirnya, Ferdinand sudah memikirkan masa depannya setelah pensiun, dan telah mengumumkan niatnya untuk mendapatkan kualifikasi kepelatihannya dengan maksud untuk satu hari mengambil alih posisi manager timnas Inggris.

“Setiap orang memiliki impian untuk bermain untuk Inggris dan mimpi saya setelah sepakbola adalah untuk memanajeri tim Inggris,” katanya kepada Daily Mail.

“Saya tidak berharap kesempatan itu sekarang, tapi setelah saya mendapatkan sertifikasi saya di sana (kepelatihan). Jika saya tidak mendapatkan pekerjaan di manajemen, saya akan bertanya-tanya.”

“Saya akan memberi diriku kesempatan terbaik untuk mendapatkan pekerjaan dengan mendapatkan semua sertifikat (yang diperlukan).”

“Saya pikir orang tidak bisa memperoleh kesempatan untuk mengelola klub sampai mereka memiliki sertifikat (kepelatihan) mereka. Saya tidak akan duduk di sini mengatakan ‘kasih saya pekerjaan dong’ karena saya tidak memiliki mereka (sertifikat yang dibutuhkan).”

Dan Ferdinand yakin Inggris harus mengikuti contoh dari beberapa saingan mereka dalam mempromosikan pelatih muda dari dalam.

“[Joachim] Low, [Jurgen] Klinsmann adalah berusia muda ketika mereka mulai dengan Jerman,” katanya.

“Lihatlah [Marco] Van Basten, [Jose] Mourinho, [Pep] Guardiola dan Luis Enrique -.. Mereka bukan orang tua tapi mereka diberi kesempatan. Beda banget dengan negara ini. Kita 10 tahun ketinggalan.”

“Kita harus melakukan apa yang terbaik untuk sepakbola Inggris.”