Ketika Luis Suárez Berprofesi Jadi Pelatih

12

  Sepak terjang Luis Suárez sebagai pemain kita sudah lihat. Bagaimana jika Luis Suárez berprofesi sebagai pelatih? Itulah hal unik yang akan kita saksikan saat laga Honduras vs Ekuador, besok pagi pukul 05.00 WIB. Pelatih timnas Honduras bernama Luis Suárez. Lengkapnya adalah Luis Fernando Suárez. Nama sama, nasib beda dengan Luis Suárez yang main untuk klub Liverpool. Ia […]

Internasional Piala Dunia  - Ketika Luis Suárez Berprofesi Jadi Pelatih

 

Sepak terjang Luis Suárez sebagai pemain kita sudah lihat. Bagaimana jika Luis Suárez berprofesi sebagai pelatih? Itulah hal unik yang akan kita saksikan saat laga Honduras vs Ekuador, besok pagi pukul 05.00 WIB.

Pelatih timnas Honduras bernama Luis Suárez. Lengkapnya adalah Luis Fernando Suárez. Nama sama, nasib beda dengan Luis Suárez yang main untuk klub Liverpool. Ia memiliki nama lengkap Luis Alberto Suárez Díaz.

Usia Suárez sang pemain adalah 27 tahun. Suárez pelatih 54 tahun.

Suárez pemain warganegara Uruguay. Suárez si pelatih berasal dari Kolombia.

Suárez sang pemain adalah seorang striker. Suárez sang pelatih dulu (waktu masih jadi pemain) berposisi pemain bertahan.

Lebih aneh lagi Suárez si pelatih ini pernah menjadi manager tim Ekuador saat Piala Dunia 2006. Saat itu Ekuador berhasil melaju ke 16 Besar, prestasi terbaik yang mungkin tercapai, mungkin juga tidak tercapai tahun ini, tergantung hasil laga besok pagi. Internasional Piala Dunia  - Ketika Luis Suárez Berprofesi Jadi Pelatih

Sebaliknya, pelatih Ekuador saat ini bernama Reinaldo Rueda, pernah pula memegang timnas Honduras di Piala Dunia tahun 2010, saat mana mereka gagal mencetak satu gol pun. Hanya draw satu kali, dan kalah dua kali.

Reinaldo Rueda ini pun orang Kolombia.

Jadi secara prestasi tim, Ekuador pernah maju ke 16 Besar tapi di bawah pelatih Luis Suárez yang kini memegang Honduras.

Sebaiknya pegang siapa? Ekuador atau Honduras?

Ini akan menjadi pertemuan pertama di ajang Piala Dunia antara Honduras dan Ekuador.

Ekuador tidak terkalahkan dalam tiga pertemuan terakhir mereka melawan Honduras, yang semuanya terselenggara dalam rangka persahabatan (sekali menang, dua kali draw). Kemenangan terakhir Honduras terjadi 12 September 2007 (2-1). Pemain sayap kiri Ekuador Jaime Ayovi telah mencetak tiga gol dalam dua laga terakhirnya melawan Honduras.

Honduras gagal mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir mereka di ajang Piala Dunia (tiga draw, kalah empat) dan mereka masih menunggu kesempatan untuk bisa menang di turnamen ini.

Honduras mengakhiri laga perdana mereka vs Prancis beberapa hari lalu dengan ball possession hanya 29,2%, rekor terburuk dari semua pertandingan Piala Dunia. Sungguh menyedihkan.

Sebaliknya Ekuador telah melakoni enam pertandingan di semua kompetisi tanpa bisa menjaga gawangnya bersih. Dengan kata lain, selalu kebobolan.

Pemain depan Enner Valencia selalu mencetak gol di lima laga terakhirnya bersama Ekuador.

Selama bertanding di Piala Dunia tak satu pun laga Ekuador berakhir imbang. Entah menang atau kalah. Catatan statistiknya adalah menang tiga kali, kalah lima kali.

Dari data itu kita tahu, Ekuador sedikit lebih berbahaya daripada Honduras.