Kiper Juventus Tunjuk Stopper AC Milan Jadi Pewarisnya

  • Penjaga gawang Juventus dan timnas Italia, Gianluigi Buffon, menunjuk nama Guinluigi Donnarumma sebagai pemain yang bisa mengikuti jejaknya.

Gianluigi Buffon - Gianluigi Donnarumma
Gianluigi Buffon - Gianluigi Donnarumma

Munculnya Gianluigi Donnarumma sebagai penjaga gawang AC Milan seakan menghilangkan kekhawatiran publik mengenai pewaris Gigi Buffon sebagai penjaga gawang timnas Italia. Meski telah memasuki usia 39 tahun, namun Buffon tetap menjadi penjaga gawang andalan baik di level klub bersama Juventus maupun di timnas Italia.

Donnarumma saat ini masih berusia 18 tahun, namun ia sudah memperlihatkan kedewasaannya dan sudah menjadi kiper utama tim sebesar Milan. Dalam beberapa kesempatan, Buffon kerap kali memberikan pujian kepada juniornya di timnas Italia itu. Buffon sendiri menunjuk nama Donnarumma sebagai penjaga gawang yang bisa mengikuti jejaknya.

“Seorang penjaga gawang yang bisa mengikuti jejak saya? Untuk saat ini yang paling menarik minat saya adalah Donnarumma,” ujar legenda hidup Juventus dan timnas Italia itu pada Copa90.

“Di tingkat Eropa dia adalah penjaga gawang termuda dan hal yang normal jika ada begitu banyak rasa ingin tahu yang mengelilinginya. Dia adalah seorang pemain dengan kemampuan yang luar biasa.”

Donnarumma bukan satu-satunya sosok penjaga gawang yang dikagumi oleh Buffon. Mantan pemain Parma itu senang menyaksikan beberapa penjaga gawang terbaik di Eropa ketika bermain.

“Secara umum saya menghargai semua penjaga gawan yang bagus,” lanjut Buffon. “Saya suka melihat seorang penjaga gawang membuat penyelamatan yang bagus. Jika Manuel Neuer, Thibaut Courtois atau David De Gea melakukan sesuatu yang bagus maka saya menikmati itu dan saya merasa kagum.”

“Di samping mereka, saya juga akan memasukkan nama Jan Oblak, Hugo Lloris, Samir Handanovic, Wojciech Szczesny, Joe Hart. Saya kerap kali menyaksikan mereka bermain karena saya senang untuk memahami metode mereka dalam melakukan penyelamatan.”