Kisruh Dugaan Pemalsuan Voting Ballon d’Or

  • Meski Ballon d’Or kini telah resmi memilih Cristiano Ronaldo sebagai pemenangnya, kini muncul dugaan kecurangan tentang ajang pemilihan pemain terbaik sejagat ini. Beberapa pelatih dari berbagai negara ramai ramain protes oleh hasil voting mereka yang diduga diubah. Media BT dan Dagbladet mengabarkan, bahwa para pelatih yang mengikuti voting dari Bolivia, Guinea, Republik Dominika, Fiji, Kuwait dan Vanuatu […]

Internasional  - Kisruh Dugaan Pemalsuan Voting Ballon d'OrMeski Ballon d’Or kini telah resmi memilih Cristiano Ronaldo sebagai pemenangnya, kini muncul dugaan kecurangan tentang ajang pemilihan pemain terbaik sejagat ini. Beberapa pelatih dari berbagai negara ramai ramain protes oleh hasil voting mereka yang diduga diubah.

Media BT dan Dagbladet mengabarkan, bahwa para pelatih yang mengikuti voting dari Bolivia, Guinea, Republik Dominika, Fiji, Kuwait dan Vanuatu mengatakan bahwa pilihan mereka semua dicurangi. Kabarnya nama pemain yang dipilih oleh para pelatihtersebut sengaja dirubah. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk memuluskan Ronaldo keluar sebagai pemain terbaik dunia 2013  mengalahkan Lionel Messi dan Franck Ribery.

Pelatih timnas Kuwait, Jorvan Vieira, mengatakan bahwa ia ditipu. Ketika voting dilakukan, Viera memilih Zlatan Ibrahimovic sebagai pilihannya untuk memenangkan Ballon d’Or. Namun setelah daftar yang dirilis FIFA terbit, nama Ibra yang dipilih Viera sudah diganti. Pilihannya dirubah menjadi Lionel MessiNeymar, baru pilihan utamanya Ronaldo. Lalu kemana nama Ibrahimovic?

“Saya pikir telah terjadi penipuan di sini. Ketika itu saya memilih Ibrahimovic,” ketusnya.

Pelatih lain yang mengikuti voting juga merasa ada yang aneh dengan pilihannya dalam daftar resmi FIFA. Pelatih timnas Qatar, Fahad Al Zarraa mengaku mendapat intervensi dari presiden federasi sepakbola Qatar agar memilih Ronaldo.

Hingga kini belum ada tanggapan resmi dari pihak FIFA terkait kecurangan yang disebutkan beberapa pelatih tersebut. Tapi tentunya ini bukan kesalahan sang pemain, mereka hanya menanti hasil saja, mungkin ada maksud lain di belakang pemenangan Ronaldo ini yang pastinya berhubungan dengan bisnis di dunia sepakbola. Kok jadi kayak pemilihan ketua partai yah 😛