Kolombia Libur Setengah Hari Saat Laga vs Brasil

 

Pemerintah Kolombia baru saja memutuskan, menerapkan libur setengah hari Jumat besok guna memberi kesempatan pegawai sipil menonton laga perempatfinal vs Brasil.

Presiden Juan Manuel Santos mengumumkan, PNS dipersilakan pulang mulai jam 1 siang Jumat untuk menonton laga itu di rumah mereka masing-masing.

Santos sendiri akan terbang ke stadion Estádio Castelão, Fortaleza, Brasil, untuk memberikan dukungan moral bagi para pemain, “dan akan kembali lagi (ke Kolombia) hari yang sama, setelah kita menang,” kata Santos dengan yakin.

Kolombia membuat sejarah dengan lolos untuk pertama kalinya ke perempatfinal setelah mengalahkan Uruguay 2-0.

Meskipun kelihatan sangat memanjakan PNS, tetapi keputusan untuk memulangkan mereka libur setengah hari adalah demi keselamatan seluruh negeri.

Di sebuah negeri dengan tingkat kekerasan sangat tinggi, kemenangan tim sepakbola nasional selalu dirayakan dengan kerusuhan. Setidaknya 10 orang tewas usai kemenangan di laga perdana vs Yunani, memicu seluruh negeri untuk menerapkan berbagai aturan tambahan, mulai dari jam malam sampai larangan minum alkohol bagi mereka yang di bawah umur.

Di Kolombia, tanggal 2 Juli setiap tahunnya dirayakan sebagai hari Andrés Escobar, kapten timnas Kolombia yang ditembak di luar sebuah bar di kota Medellín. Konon, penembakan 12 kali ke sekujur tubuhnya dan diikuti teriakan “GOOOOOOOL!” itu terkait dengan aksi bunuh dirinya di Piala Dunia 1994, beberapa hari sebelumnya.

Keluarga Escobar sendiri akan hadir di laga vs Brasil hari Jumat besok, untuk mengenang anggota keluarga mereka itu, sekaligus menjadikan Andrés Escobar sebagai inspirasi bagi seluruh tim.

 

Advertisement