Laga Persahabatan Uruguay Tanpa Luis Suarez

13

Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) di Lausanne Swiss sebenarnya sudah sedikit meringankan hukuman bagi Luis Suarez. Antara lain bahwa ia boleh berlatih sepakbola, dan bahwa ia boleh ikut tanding dalam laga-laga persabatan klub dan tim nasional Uruguay. Namun nama Suarez tidak ada di dalam daftar awal pemain yang akan diturunkan untuk pertandingan persahabatan internasional Uruguay bulan […]

Internasional Liga Spanyol  - Laga Persahabatan Uruguay Tanpa Luis Suarez
Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) di Lausanne Swiss sebenarnya sudah sedikit meringankan hukuman bagi Luis Suarez. Antara lain bahwa ia boleh berlatih sepakbola, dan bahwa ia boleh ikut tanding dalam laga-laga persabatan klub dan tim nasional Uruguay.

Namun nama Suarez tidak ada di dalam daftar awal pemain yang akan diturunkan untuk pertandingan persahabatan internasional Uruguay bulan depan melawan Jepang dan Korea Selatan. Tampaknya tim nasional memilih untuk tidak memanggil pemain berusia 27 tahun itu untuk dua pertandingan ini.

Suarez juga dilarang bermain pertandingan kompetitif dengan tim klub barunya Barcelona sampai akhir Oktober.

Sebelumnya FIFA menjatuhkan hukuman yang melarang Suarez mengikuti laga-laga Uruguay sebanyak delapan pertandingan kompetitif karena menggigit bahu lawan saat Piala Dunia, berarti dia akan kehilangan Copa America tahun depan dan beberapa kualifikasi Piala Dunia.

Kemungkinan besar pertimbangan PSSI-nya Uruguay adalah kebugaran sang pemain. Suarez sudah tidak berlatih bola sejak akhir Juni 2014, dan baru saja turun selama 15 menit di laga persahabatan Barcelona vs Leon beberapa hari lalu. Jadi sudah hampir dua bulan tidak melakukan latihan sepakbola sama sekali.

Suarez sendiri di salah satu kesempatan sudah menyampaikan tekadnya untuk tidak lagi menggigit pemain lawan.

Suarez mengungkapkan bahwa dirinya sampai mencari bantuan tenaga profesional untuk menghindari skandal menggigit lainnya di masa depan. Ia mengakui merasa “tertekan” setelah dihukum karena menggigit bahu pemain Italia Giorgio Chiellini saat laga di Piala Dunia di Brasil 2014.

Ini adalah ketiga kalinya dalam empat tahun Suarez menggigit lawan mainnya di lapangan sepakbola dan FIFA bereaksi cepat dengan menjatuhkan hukuman.

“Itu adalah masalah pribadi. Saya lebih suka tidak berkomentar. Tapi saya sudah berbicara dengan para profesional. Para profesional yang tepat….”

“Setelah itu [setelah gigitan Chiellini], saya benar-benar tertekan. Saya merasa tidak bisa melakukan apa-apa.”

“Saya berbicara dengan psikolog saya dan dia mengatakan bahwa saya tidak boleh lari dari kenyataan dan menyampaikan penyesalan saya.”