Lagi, Pelatih Mundur Usai Gagal ke Piala Dunia Rusia

  • Satu lagi pelatih mundur usai kalah di kualifikasi Piala Dunia Rusia 2018. Kali Ini, giliran Timnas Amerika Serikat yang kehilangan juru taktiknya, Bruce Arena.

Pelatih Amerika Serikat, Bruce Arena, telah tinggalkan posnya setelah Timnas AS gagal melaju ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1986 silam.

Skuad asuhan Arena itu tidak akan bersaing di putaran final ajang empat tahunan tersebut pada musim panas mendatang, setelah kalah 1-2 di kandang Trinidad and Tobago pekan ini.

“Kami tidak bisa menyelesaikan pekerjaan kami, dan saya menerima tanggung jawabnya,” ujar Bruce Arena, pelatih berusia 66 tahun yang mengambil alih Timnas AS untuk kedua kalinya pada November tahun lalu.

Arena sebelumnya tinggalkan klub Major League Soccer (MLS), LA Galaxy, gantikan Jurgen Klinsmann yang dipecat setelah AS berada di posisi jurukunci kualifikasi zona CONCACAF yang hanya diisi enam negara.

Arena hidupkan kembali kejayaan Timnas AS dan hanya memerlukan satu poin saja di pertandingan kualifikasi terakhir mereka, guna amankan tiket ke putaran final Piala Dunia untuk kedelapan kalinya.

Tapi, lawan AS di pertandingan terakhir, Trinidad and Tobago, secara mengejutkan berhasil kalahkan AS. Ini jadi satu-satunya kemenangan yang diraih Timnas Trinidad and Tobago dalam sembilan pertandingan yang mereka lakoni.

Sementara itu, dua pesaing berat AS yakni Panama dan Honduras juga menang di laga terakhir. Akibatnya, hal itu benar-benar mengakhiri harapan Bruce Arena untuk membawa timnya berlaga di Rusia tahun depan.

“Ini tentu saja merupakan kemunduran besar bagi program tim nasional putra senior, dan pertanyaan yang tepat untuk itu adalah, bagaimana kita bisa memperbaiki diri,” ujar Arena.

Arena memimpin negaranya ke perempatfinal Piala Dunia 2002, di musim pertamanya ia bertanggung jawab di Timnas AS.

Pada saat gantikan pelatih asal Jerman, Klinsmann, Arena mendapat tingkat kemenangan terbaik dari semua manajer Timnas AS, dengan 71 kemenangan dalam 130 pertandingan yang dilakoni antara tahun 1998 hingga 2006. Dia juga telah memenangkan lima Piala MLS bersama LA Galaxy dan DC United.