Landon Donovan Dipermalukan Depan Umum

14

Masih ingat Landon Donovan? Pemain ini tidak dipanggil masuk ke skuad Amerika Serikat, dan rupanya sakit hati hingga mengkritik  Jürgen Klinsmann dan taktiknya setelah tersisih di babak 16 Besar Piala Dunia 2014. Kini Donovan kena batunya setelah seorang teman Jürgen Klinsmann, yakni Felix Magath, melontarkan ocehan di halaman Facebooknya, menuding Donovan sebagai pemain kacangan yang bahkan tidak layak masuk […]

Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Landon Donovan Dipermalukan Depan Umum

Masih ingat Landon Donovan? Pemain ini tidak dipanggil masuk ke skuad Amerika Serikat, dan rupanya sakit hati hingga mengkritik  Jürgen Klinsmann dan taktiknya setelah tersisih di babak 16 Besar Piala Dunia 2014.

Kini Donovan kena batunya setelah seorang teman Jürgen Klinsmann, yakni Felix Magath, melontarkan ocehan di halaman Facebooknya, menuding Donovan sebagai pemain kacangan yang bahkan tidak layak masuk skuad cadangan Bayern Munich, dan kini cuma bisa ngomong doang.

Felix Magath kini adalah manajer Fulham dan mantan pemain tim nasional Jerman. Internasional Liga Inggris Piala Dunia  - Landon Donovan Dipermalukan Depan Umum

Magath menulis begini di halaman Facebooknya: “Jürgen Klinsmann dan Amerika Serikat telah mendapatkan respek dari dunia sepakbola untuk kinerja Piala Dunia mereka. Bagaimana mungkin seorang pemain kacangan dengan isi wawancara menyayat hati dan penuh klaim palsu bisa tiba-tiba mencela pekerjaan sang pelatih.”

“Sang pemain itu, Landon Donovan, di Bayern saja pernah dianggap tidak cocok untuk tim kedua, tapi kini cuma bisa ngomong doang. Saya menilai perilaku seperti ini tidak bisa dijelaskan, dan tidak layak untuk seorang pemain nasional.”

Ejekan Magath mengacu peristiwa saat Donovan dipinjamkan oleh LA Galaxy kepada klub Jerman Bayern Munich tahun 2009. Hanya dalam waktu tiga bulan, Bayern memutuskan untuk tidak memperpanjang pinjamannya dan Donovan dikembalikan ke klub asalnya.

Donovan telah bersikap kritis terhadap Klinsmann sejak dibuang dari tim nasional 23 pemain untuk Piala Dunia 2014, yang sebenarnya bisa menandai Piala Dunia keempatnya. Dia secara khusus menunjuk kesalahan kepelatihan sebagai alasan kekalahan Amerika.

“Saya pikir para pemain sudah melakukan segala yang mereka bisa, segala sesuatu yang diminta dari mereka,” kata Donovan dalam sebuah wawancara dengan MLSsoccer.com. “Tapi saya tidak berpikir kami dibentuk untuk meraih sukses, dan sangat tidak tega untuk menonton (tim bermain).”

“Mereka dibentuk dengan cara yang berlawanan dari apa yang telah mereka selama beberapa tahun terakhir, yang membuka, mengumpan, menyerang – mencoba untuk melakukan itu. Dan tim berhasil dengan cara itu. Mengapa mereka memutuskan untuk mengubah semua itu di Piala Dunia, tidak satupun dari kita akan tahu.”

Tim Amerika kalah dengan gagah berani di 16 Besar dengan kiper Tim Howard dipuji karena melakukan puluhan penyelamatan atas serangan-serangan Belgia.