Legenda Inter Milan Jagokan Jose Mourinho Latih Italia

Legenda Inter Milan Giuseppe Bergomi berharap Jose Mourinho gantikan pelatih Gian Piero Ventura di Timnas Italia.

Jose Mourinho
Jose Mourinho

Menyusul tersingkirnya Italia dari Piala Dunia tahun depan untuk pertama kalinya sejak 1958, perubahan pimpinan di tim nasional Italia jadi sesuatu yang harus dilakukan.

Gian Piero Ventura belum secara resmi menyatakan mundur, tapi dia diperkirakan akan tinggalkan posisinya pada pekan ini. Sejauh ini, nama Carlo Ancelotti dan Roberto Mancini disebut-sebut jadi dua pelatih yang kemungkinan besar akan mengambil alih jabatan Ventura.

Tapi Mourinho, yang masa depan jangka panjangnya di Manchester United juga masih dipertanyakan, memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman dengan sepakbola Italia. Apalagi, ia pernah menjadi pelatih Inter Milan yang menangkan trofi Liga Champions League di klub Serie A itu pada tahun 2010.

Meskipun Mourinho belum pernah mengasuh level tim nasional, namun Bergomi mendukung Mourinho untuk memulai karirnya di kompetisi internasional. “Kita harus berubah dari tingkat dasar ke atas, dari sektor yunior. Saya bertanya-tanya, apakah kita masih menjadi kekuatan sepakbola dunia?” Tandas Bergomi, seperti dilansir Daily Star.

“Untuk level pelatih, saya pikir Mourinho salah satu yang tepat. Kita harus punya pelatih yang luar biasa, bahkan kalaupun ia hanya jadi pelatih sementara,” tambahnya.

“Saya terdorong untuk menyebut nama Mourinho, tapi saya juga suka seorang pelatih seperti (Roberto) Mancini – ringkasnya, seorang pelatih penting yang juga mengasuh klub,” tandas Bergomi.

Mourinho saat ini masih terikat kontrak di Old Trafford sampai 2019 mendatang, walaupun ia belum ditawari kesepakatan baru oleh United.

Pelatih asal Portugal ini sempat terlihat menonton di stadion bersama striker Manchester United, Zlatan Ibrahimovic, saat Italia bermain imbang 0-0 melawan Swedia di San Siro.

Sepakbola.cc