Dunia sepak bola Afrika berduka setelah legenda sepakbola asal Nigeria, Stephen Keshi, meninggal dunia pada usia 54 tahun karena serangan jantung.

Mantan kapten tim nasional Nigeria ini adalah satu dari dua pesepakbola yang pernah memenangkan Piala Afrika, baik sebagai pemain dan pelatih.

Sepanjang karirnya, Keshi pernah mengangkat Piala Afrika bersama Nigeria pada 1994.

Lalu ia sempat menjadi pelatih timnas Super Eagle sebanyak tiga kali, dimana ia hanya bisa membawa Nigeria sampai babak 16 besar Piala Dunia 2014 Brazil, namun menjuarai Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan.

Selain menjadi pelatih kepala Nigeria, sang legenda pun pernah juga mengarsiteki tim nasional Togo dan Mali.

BACA JUGA  Juventus Harusnya Menang Banyak Gol

Karirnya sebagai pesepakbola selama 20 tahun, ia pernah berkiprah di Perancis, Amerika Serikat, Malaysia bersama Perlis dan juga di Belgia dengan merumput di Andrelecht.

Sedangkan di tim nasional Nigeria, ia memiliki caps sebanyak 64 laga dengan berperan sebagai pemain belakang, antara 1981 hingga 1995.

Di tim nasional Nigeria, karirnya mandek usai Piala Dunia 2014. Namun demikian, ia hanya dikontrak perlaga usai kegagalan di Piala Afrika 2015.

Di 2015 tersebut, ia sebetulnya dipecat dari jabatannya sebagai pelatih kepala. Namun ditangguhkan usai mendapatkan intervensi dari presiden Nigeria, Goodluck Jonathan.

Namun ia akhirnya diputus kontrak secara penuh pada Juli tahun lalu.

Almarhum meninggalkan empat orang anak, menyusul istrinya yang telah wafat pada Desember lalu karena kanker.

BACA JUGA  Hasil Bola Tadi Malam Selengkapnya

Sepanjang hidupnya Stephen Keshi pernah meraih Pelatih Terbaik Tahun 2013 versi Konfederasi Sepak Bola Afrika dan juga Penghargaan Legenda dari organisasi yang sama.