Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?

Berita bola: Mengapa tim-tim Eropa Timur suka sekali menggunakan nama-nama seperti Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, dan Shakhtar? Dan apa arti nama-nama itu?

Liga Champions  - Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?
Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?

Berita bola: Mengapa tim-tim Eropa Timur suka sekali menggunakan nama-nama seperti Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, dan Shakhtar? Dan apa arti nama-nama itu?

Kita mulai dengan CSKA seperti terdapat pada CSKA Moskow, CSKA Sofia Bulgaria, CSKA Pamir Dushanbe Tajikistan.

CSKA adalah singkatan dari Central’nyi Sportivnyi Klub Armii, yang kalau diindonesiakan berarti Klub Olahraga Pusat Angkatan Darat.

Klub ini didirikan oleh Tentara Merah Uni Soviet (sebelum negara raksasa tirai besi itu pada tahun 1991 pecah menjadi Rusia dan sejumlah negara berakhiran ‘Ina’ dan ‘Stan’) pada tahun 1923 dan memiliki sejumlah nama lain sebelumnya, yang tidak perlu kita ketahui.

Kita tak perlu tahu bukan karena diancam oleh Tentara Merah Rusia tapi karena nama-nama sebelumnya terlalu memusingkan dan terlalu tidak menarik untuk dibahas (atau mimin terlalu malas).

Nama-nama setelahnya juga sudah beberapa kali ganti, termasuk CSK MO, tapi itu sulit disebutnya dan fans membencinya. Oleh karena itu nama CSKA tetap dipertahankan.

Mungkin juga karena nama CSKA terdengar seram karena asosiasinya dengan Tentara Merah Rusia. Image masa lalu itu yang hendak dimanfaatkan untuk membuat lutut lawan gemetar sebelum bertanding. Kalau mau membayangkan seramnya, pakai saja singkatan bahasa Indonesia di atas itu, KOPAD (Klub Olahraga Pusat Angkatan Darat) Moskow.  Nah, terasa kan bedanya?

Spartak (misalnya Spartak Moskow, Spartak Kiev, Spartak Varna, Spartak Subotica)

Spartak adalah nama Rusia dari Spartacus, tokoh pemimpin pemberontakan budak Romawi yang terkenal, diabadikan dalam film Hollywood dengan Kirk Douglas sebagai pemerannya.

Awalnya tim ini dikenal sebagai MKS (Klub Olahraga Moskow) dan didirikan oleh sejumlah buruh muda dari daerah Krasnaya Presnya di Moskow. Selama beberapa dekade afiliasi dan perubahan nama terjadi sebelum nama Spartak diadopsi pada tahun 1935. Kisah Spartacus sangat populer di kalangan rakyat Uni Soviet sebelum pecah Perang Dunia Kedua, karena ceritanya melawan penindasan Romawi.

Di Indonesia mirip dengan tokoh perjuangan melawan penjajahan Belanda, meski tak ada klub sepak bola menggunakan nama Sudirman, Soekarno, atau Diponegoro.

Torpedo (misalnya Torpedo Moskow, Torpedo Kutaisi)

Torpedo ya berarti senjata bawah air torpedo, meski di Indonesia kita jadi teringat pada sop dan soto torpedo kambing yang dijajakan di warung-warung jalan Kendal, di dekat stasiun Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Nama Rusia modern untuk senjata bawah air sekarang dieja: ‘Torpeda’. Tidak ada yang tahu pasti mengapa tim pabrik mobil mengadopsi nama ini. Ada yang bilang itu bagian spare part mobil tertentu, ada yang mengatakan torpedo dianggap mewakili kecepatan, konsep yang sangat penting dalam industri otomotif saat itu.

Dynamo (misalnya Dynamo Kiev, Dynamo Moskow, Berliner FC Dynamo, Dynamo Dresden)

Dynamo adalah ejaan Rusia dari kata “dinamo”, yang merupakan mesin yang mengubah energi kinetik (gerak) menjadi listrik. Awalnya, ketika didirikan pada tahun 1923, klub ini dianggap mewakili serikat buruk pabrik listrik, tapi diambil alih oleh NKVD (polisi rahasia Soviet). Nama Dinamo tetap dipelihara. Entah untuk tujuan menanamkan mata-mata poisi ke dalam gerakan buruh atau karena bos baru NKVD menyukainya.

Dynamo Kiev didirikan pada tahun 1927, juga diduga sebagai klub sepak bola buruh-buruh listrik, tapi dengan cepat dipindahkan menjadi milik polisi. Kemudian, dibentuklah Komunitas Olahraga ‘Dynamo’ Uni Soviet guna menyatukan semua tim-tim polisi di negara ini. Inilah sebabnya mengapa ada begitu banyak klub sepak bola dengan nama Dynamo sekarang.

Lokomotiv (seperti Lokomotiv Moskow, Lokomotiv Sofia, Lokomotiv Kuban, Lokomotiv Novo Sibirsk)

Lokomotiv memang berarti “lokomotif”. Tim ini didirikan (dan masih dimiliki) oleh Departemen Perhubungan pada tahun 1935. Sebelum itu, itu adalah tim sepak bola pekerja kereta api di Moskow.

Shakhtar (misal Shakhtar Donetsk, Shakhtar Karagandy)

Shakhtyor (Shakhtar di Ukraina) berarti “penambang batubara”. Pertambangan batubara adalah industri yang sangat penting di Donetsk, Ukraina, di mana tim itu bermain. Awalnya klub disebut Ugolshchiki (“penggali batubara”), kemudian Stakhanovets, menurut nama Stakhanov, pahlawan penambang batubara zaman Soviet.

Liga Champions  - Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?
Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?

Donetsk sekarang berubah menjadi salah satu medan perang perebutan wilayah Ukraina timur antara tentara negeri itu melawan kelompok milisi pro-Rusia. Stadion milik Shakhtar Donetsk rusak terkena tembakan-tembakan misil sehingga tim sepak bola itu terpaksa mengungsi ke Lviv, 1.200 kilometer jauhnya ke arat Barat.

Chernomorets (ada satu tim di Rusia, dari Novorossiysk, dan satu di Ukraina, dari Odessa) berarti pelayar Laut Hitam.

Shinnik (tim dari Yaroslavl) berarti “pembuat ban”. Klub ini dimiliki oleh sebuah pabrik ban lokal.

Zenit (St Petersburg) berarti “puncak”. Untuk beberapa alasan, beginilah mereka menyebut tim yang mewakili pabrik pembuat senjata militer pada zaman Uni Soviet dulu. Zenit dimiliki oleh Leningrad Metalworks Plant (LMZ), yang mengerjakan banyak proyek militer. Hubungan itu sudah tidak ada lagi tapi nama yang sama tetap digunakan.

Liga Champions  - Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?
Apa Arti Nama-nama Dinamo, Lokomotiv, Spartak, CSKA, Shakhtar?

Krylya Sovetov (Samara) berarti “Sayap Soviet”. Klub ini milik pabrik pesawat terbang.

Alania (Vladikavkaz) dinamai menurut wilayah dari Federasi Rusia di mana klub itu berbasis. Alania adalah nama lokal untuk Republik Ossetia Utara.

Kuban (Krasnodar) dinamai menurut Sungai Kuban, yang mengalir melalui wilayah tersebut. Ini terutama terkait dengan orang-orang Cossack, yang telah mendiami lembah itu untuk beberapa generasi.

Amkar (Perm) didirikan oleh sebuah pabrik kimia pada tahun 1995 dan namanya terdiri dari dua kata, ammiac dan carbamite, dua produk utama perusahaan.

Rotor (Volgograd) dinamai menurut bagian yang berputar dari sebuah mesin. Klub ini mula-mula didirikan oleh sebuah pabrik traktor dan disebut Traktor dan Torpedo (setelah Moskow memulainya, semua tim berbasis industri mobil mulai menyebut diri mereka Torpedo), kemudian pabrik berubah ke pabrik baja dan menjadi Stal (“baja”), kemudian menjadi pabrik lain lagi, dan akhirnya puas menjadi pabrik yang membuat suku cadang mobil. Maka dinamailah Rotor. Mereka sekarang sebuah tim independen dan tak terkoneksi lagi dengan pabrik mana pun namun para fans menyukai nama tersebut.

Rubin (Kazan) adalah kata Rusia untuk “ruby”. Tidak jelas mengapa nama ini dipilih, selain fakta bahwa ruby ​​adalah batu yang tampak bagus. Sesuai dengan namanya, tim bermain dalam seragam jersey merah.