Michael Ballack dan Frank Lampard masing-masing menyumbangkan satu gol untuk mengantarkan kemenangan Chelsea 2-0 atas Fenerbahce dalam pertandingan di Stamford Bridges Rabu (9/4) dinihari.

Kemenangan dalam laga leg kedua babak perempatfinal Liga Champions itu sekaligus menuntun The Blues maju ke babak semifinal. Secara agregat Chelsea unggul 3-2 atas lawannya dari Turki tersebut.

Di semifinal, Chelsea akan ditantang Liverpool, yang di pertandingan lain di Stadion Anfield, mengalahkan Arsenal 4-2. Liverpool unggul dengan agregat gol 5-3.

Pertemuan Chelsea dan Liverpool di semifinal Liga Champions kali ini merupakan yang ketiga kalinya dalam empat tahun. Pada dua pertemuan terdahulu, Liverpool tampil sebagai pemenang.

Bertanding di depan publik sendiri, Chelsea tampak begitu mendominasi pertandingan. Mereka langsung menekan pertahanan lawan sejak peluit pertama dibunyikan. Baru empat menit pertandingan berjalan, Michael Ballack sudah berhasil menjebolkan gawang lawan untuk membawa Chelsea unggul 1-0.

Berawal dari serangan yang dilakukan Joe Cole dari rusuk kiri. Pemain belakang Fenerbahce melakukan pelanggaran dan wasit langsung memberikan hadiah tendangan bebas bagi Chelsea. Frank Lampard yang mengeksekusi tendangan bebas, dengan cermat mengirimkan bola ke jantung pertahanan Fenerbahce. Ballack yang memiliki postur tinggi dengan mudah menyundul masuk bola ke dalam gawang Fenerbahce.

Gol itu makin menyemangati anak-anak Chelsea untuk terus menggempur pertahanan Fenerbahce. Namun beberapa peluang emas yang diperoleh Joe Cole dan Didier Drogba gagal membuahkan gol.

Di pertengahan babak pertama, Chelsea terpaksa menurunkan kiper nomor tiga Henrique Hilario untuk menggantikan Carlo Cudicini yang mengalami cedera pada menit ke 25. Sementara kiper nomor satu Petr Cech kali ini tidak bermain karena baru saja menjalani operasi wajah.

Sebuah peluang emas diperoleh Fenerbahce di menit ke 31 ketika bek asal Uruguay Diego Lugano yang tak terkawal dengan leluasa menyundul bola tendangan bebas. Sayang sundulan kerasnya hanya mengarah tipis di samping gawang.

Drogba nyaris menggandakan kemenangan Chelsea di awal babak kedua, namun tendangan kerasnya dari depan mulut gawang masih bisa diblok kiper Volkan Demirel.

Chelsea akhirnya memantapkan kemenangan tiga menit menjelang akhir pertandingan lewat Frank Lampard. Berawal dari aksi brilian Michael Essien yang berhasil melewati dua bek lawan di dalam kotak penalti. Dari sudut sempit, dia kemudian melepaskan umpan silang kepada Lampard yang sudah menunggu di depan mulut gawang. Dengan mudah Lampard mendorong bola ke dalam gawang Demirel dan gol.

Susunan tim:
Chelsea: 23-Carlo Cudicini (40-Henrique Hillario 26); 5-Michael Essien, 6-Ricardo Carvalho, 26-John Terry, 3-Ashley Cole; 13-Michael Ballack 4-Claude Makelele, 8-Frank Lampard; 10-Joe Cole (15-Florent Malouda 85), 11-Didier Drogba, 21-Salomon Kalou (35-Juliano Belletti 58).

Fenerbahce: 1-Volkan Demirel, 6 Gokcek Vederson (18-Ali Bilgin 89), 36-Edu, 2-Diego Lugano, 77-Gokhan Gonul, 8-Kazim Kazim, 15-Aurelio, 33-Claudio Maldonado (9-Mateja Kezman 60); 99-Deivid, 23-Semih Senturk (25-Ugur Boral 75), 20-Alex.

Hasil Perempatfinal Liga Champions Leg kedua, Rabu (9/4):
Liverpool vs Arsenal 4-2
Gol Liverpool:
Sami Hyypia (30)
Fernando Torres (69)
Steven Gerrard (85-pen)
Ryan Babel (90+2)
Gol Arsenal:
Abou Diaby (13)
Emmanuel Adebayor (84)
Agregat: 5-3

Chelsea vs Fenerbahce 2-0
Pencetak Gol:
Michael Ballack (4)
Frank Lampard (87)
Agregat: 3-2
***

BAGIKAN
BerikutnyaMU lamar bek Porto Bosingwa