Barcelona Tanpa Sergio Busquets, Ini Penggantinya

  • Sergio Busquets dipastikan tidak bisa memperkuat Barcelona dalam laga melawan Juventus di J Stadium, Turin, Rabu (12/4) dini hari WIB.

Sergio Busquets

Gelandang andalan Sergio Busquets dipastikan tidak bisa memperkuat Barcelona dalam laga perempat final Liga Champions melawan Juventus di J Stadium, Turin, Rabu (12/4) dinihari WIB. Sebuah kehilangan besar bagi Blaugrana.

Berita Bola, Liga Champions – Sergio Busguets tak masuk dalam skuad dalam laga leg pertama babak 8 besar ini lantaran dia terkena skorsing satu pertandingan karena akumulasi kartu kuning.

Ketiadaan gelandang tim nasional Spanyol ini tentu saja sebuah kerugian besar bagi Barcelona. Selama ini Busquets merupakan pemain penting untuk menjaga kestabilan lini tengah Barca.

Menurut catatan Squawka, Busquets belum pernah sekalipun membuat blunder dalam tujuh pertandingan yang dilakoni di Liga Champions. Akurasi umpannya juga tinggi dengan torehan 91 persen umpan tepat sasaran.

Namun meski tanpa Busquets, pelatih Barcelona Luis Enrique mengaku tidak khawatir dengan performa lini tengahnya. Dia mengklaim masih memiliki pemain-pemain gelandang papan atas yang bisa menggantikan peran Busquets.

Pemain senior serba bisa asal Argentina, Javier Mascherano, bakal menjadi pilihan pertama Enrique dalam menempati posisi Busquets. Mascherano memang sejatinya adalah seorang gelandang bertahan seperti yang diperankannya di tim nasional Argentina. Tapi di Barcelona, dia kerap dimainkan sebagai bek tengah.

Nah jika Mascherano nanti dipilih menjadi pengganti Busquets, maka posisi bek tengah untuk mendampingi Gerard Pique akan diisi oleh Samuel Umtiti. Tapi, Enrique masih punya pilihan pemain lain, untuk menggantikan Busquets. Dia adalah Ivan Rakitic.

“Sergio Busquets memang menjadi suatu kehilangan di lini tengah kami, tapi saya mempunyai banyak pilihan untuk menggantikannya. Kami masih punya Ivan (Rakitic), Javier (Mascherano) dan beberapa lagi,” kata Enrique.

Mengomentari kekuatan Juventus, Enrique mengatakan bahwa tim tuan rumah pasti akan melakukan tekanan sejak awal karena mereka butuh gol kemenangan. Tapi, Barca tidak akan terpengaruh. Enrique memastikan timnya akan tetap bermain dengan gaya mereka sendiri.

“Juve bisa menekan, mereka bermain dari lini belakang, mereka bisa mengerahkan segala upaya dan berusaha dengan semangat tinggi untuk meraih kemenangan, mereka merupakan klub top di segala lini lapangan,” kata Enrique.

“Kami akan memperagakan permainan kami sendiri. Saya pikir kedua tim mempunyai kesempatan untuk mencapai semifinal,” tambahnya.