Barcelona Ajak Perang UEFA Soal Bendera Catalonia

33

FC Barcelona merasa muak dua kali didenda untuk pengibaran bendera Catalonia. Mereka kini bukannya menyerah tapi akan membagikan bukan seribu, bukan dua ribu bendera merah-kuning itu, tapi 30.000 bendera sekaligus pada laga Liga Champions berikutnya di Camp Nou.

Liga Champions  - Barcelona Ajak Perang UEFA Soal Bendera Catalonia

Berita Liga Spanyol : FC Barcelona merasa muak dua kali didenda untuk pengibaran bendera Catalonia. Mereka kini bukannya menyerah tapi akan membagikan bukan seribu, bukan dua ribu bendera merah-kuning itu, tapi 30.000 bendera sekaligus pada laga Liga Champions berikutnya di Camp Nou. 

Barcelona telah memutuskan untuk melawan terhadap apa yang mereka lihat sebagai keputusan yang tidak adil, yaitu dua sanksi yang dijatuhkan pada klub sebagai akibat dari pengibaran bendera separatis pro kemerdekaan Catalonia.

UEFA menjatuhkan denda untuk insiden pengibaran bendera propinsi Spanyol itu pada saat final Liga Champions musim lalu dan saat pertandingan terakhir melawan Bayer Leverkusen.

Ini telah menimbulkan reaksi perlawanan dari manajemen klub, yang hasilnya akan terlihat di pertandingan Liga Champions mendatang melawan BATE Borisov.

Klub ini akan membagikan secara gratis 30.000 bendera pro-kemerdekaan yang mereka sebut ‘estelades’, bendera warna merah-kuning yang oleh parlemen Catalonia disebut sebagai simbol hukum dan non-kekerasan.

Dua spanduk raksasa juga akan membentang di belakang gawang pada malam pertandingan Liga Champions: satu bertuliskan ‘Hormati simbol-simbol Catalonia’ dan lainnya bertuliskan ‘Hormatilah Kebebasan Berekspresi’.

Langkah-langkah tersebut tentu saja akan disambut oleh sanksi finansial lebih lanjut dari UEFA, meskipun mereka tidak akan meminta penutupan stadion Camp Nou.

Beberapa asosiasi sedang melihat kemungkinan membawa kasus ini ke pengadilan untuk meminta organisasi sepak bola Eropa itu mengizinkan pengibaran bendera pro-kemerdekaan di stadion.

Catalonia adalah salah satu propinsi Spanyol. Namun sudah sejak lama mereka menginginkan pemisahan propinsi itu dari negara Spanyol, merujuk pada peristiwa masa lalu di mana mereka adalah sebuah negara merdeka. Referendum yang dilakukan akhir September lalu dimenangkan oleh anggota-anggota parlemen yang pro-kemerdekaan.

Otoritas Liga Spanyol sudah mengancam akan menendang FC Barcelona jika Catalonia menyatakan merdeka dan berpisah dari Spanyol. Namun ancaman itu justru disambut serius oleh PM Prancis yang menyatakan akan mengundang Barcelona menjadi anggota Ligue 1 Prancis.