Tiga Liga Memastikan Juara, Apa Yang Tersisa?

15

Berita Bola: Dengan Chelsea memastikan juara Inggris, Juventus sehari sebelumnya juga memastikan juara Italia, sementara Bayern Munchen sepekan silam juara Jerman, apa lagi yang tersisa dari kompetisi Eropa? Masih banyak! Berikut rinciannya.

Liga Champions  - Tiga Liga Memastikan Juara, Apa Yang Tersisa?
Berita Bola: Tiga Liga Memastikan Juara, Apa Yang Tersisa?

Berita Bola: Dengan Chelsea memastikan juara Inggris, Juventus sehari sebelumnya juga memastikan juara Italia, sementara Bayern Munchen sepekan silam juara Jerman, apa lagi yang tersisa dari kompetisi Eropa? Masih banyak! Berikut rinciannya.

Inggris

Premier League: Dengan kemenangan 1-0 vs Crystal Palace, Chelsea berjarak 16 poin jauhnya dari posisi kedua Manchester City. Sayangnya untuk City, klub hanya memiliki empat pertandingan tersisa di jadwal. Untuk ketiga kalinya, José Mourinho telah memimpin timnya ke puncak Premier League.

Piala: Piala Liga telah diselesaikan – trofi lain yang berakhir di tangan Mourinho. Kompetisi piala Inggris lainnya, Piala FA, melihat Arsenal dan Aston Villa berhadapan di final pada 30 Mei. Arsenal akan disukai lebih difavoritkan mempertahankan trofi yang dimenangkannya musim lalu.

Prancis

Ligue 1: Paris Saint-Germain kini berjarak tiga poin di atas Lyon dengan tiga pertandingan sisa. Semuanya masih mungkin terjadi, dengan AS Monaco di posisi ketiga dengan 65 poin memiliki peluang sangat tipis, apalagi dengan perbedaan selisih gol begitu besar.

Piala: PSG sudah mengklaim Coupe de la Ligue dengan akhir laga 4-0 vs Bastia pada bulan April. Pada tanggal 30 Mei, klub PSG mendapat kesempatan pada apa yang diharapkan menjadi trofi ketiga musim ini, menghadapi tim lapis kedua, Auxerre, di final Coupe de France.

Jerman

Bundesliga: Bahkan setelah kalah kemarin di Bayer Leverkusen, Bayern Munchen masih memiliki selisih 14 poin dengan tiga pertandingan tersisa. Hanya kebobolan 15 gol musim ini, FCB merebut gelar ketiga berturut-turut dengan satu bulan sisa, memungkinkan tim untuk fokus pada Liga Champions dan Piala Jerman.

Piala: Sayangnya untuk Bayern, fokus tidak berujung dengan sukses di semifinal DFB Pokal. Pada hari Selasa pekan silam, Borussia Dortmund menyusul dari ketertinggalan satu gol guna menyingkirkan sang juara bertahan pada adu penalti. Dalam apa yang akan menjadi pertandingan terakhir dari sang pelatih kepala Jurgen Klopp, BVB akan menghadapi Wolfsburg pada 30 Juni di Berlin untuk perebutan trofi DFB Pokal.

Italia

Serie A: Setengah musim Roma terlihat bisa membuat lomba ini kompetitif, tetapi setelah kemenangan Juventus di Sampdoria di akhir pekan, Nyonya Tua memiliki selisih 18 poin. Roma menutup celah menjadi 15 dengan kemenangan atas Genoa, tetapi dengan hanya empat laga tersisa untuk dimainkan, Juventus telah merebut gelar keempat berturut-turut.

Piala: Skenario impian bagi Juventus: Mengulangi tiga trofi yang dicapai Inter Milan dalam musim 2009-10 di bawah Mourinho. Scudetto sudah. Liga Champions? Masih semi final. Dan di Coppa Italia, Juventus dijadwalkan untuk menghadapi Lazio di final pada tanggal 7 Juni, tanggal yang harus diubah jika Juve lolos ke final Liga Champions.

Spanyol

La Liga: ini adalah balapan terbaik di Eropa, dengan dua tim puncak terlibat. Setelah kemenangan 8-0 akhir pekan lalu di Córdoba, Barcelona mempertahankan selisih dua poin di puncak Primera División. Namun, setelah Real Madrid menang kemarin di Sevilla, tim Carlo Ancelotti telah membersihkan salah satu dari dua hambatan utama di kalender Mei-nya. Valencia menunggu akhir pekan depan, sementara Barcelona masih harus menghadapi lawan tangguh, Atletico Madrid.

Piala: Seperti halnya Juventus, Barcelona masih bisa menyelesaikan musim dengan liga, piala, dan treble Eropa. Dalam final Copa del Rey tanggal 30 Mei Barcelona akan menjadi favorit untuk mengalahkan Athletic Club Bilbao dan mengklaim trofi itu dari El Real musim lalu.

Liga Champions

Dulu Piala Eropa adalah hal yang menyedihkan dan terasa berjarak karena hanya juara liga yang bisa ikut. Semakin ke sini turnamen ini semakin terbuka dan menjadi kompetisi utama Eropa. Dengan Barca, Bayern, Juve, dan Madrid di semi final, para gilabola memperoleh lima pertandingan berkualitas antara sekarang dan final 6 Juni.