Wasit Derby Madrid, Milorad Mazic, Untungkan Tim Tamu

Berita Liga Champions: Dari enam laga Liga Champions yang dipimpin wasit Milorad Mazic musim ini, 50% berakhir dengan kemenangan tim tamu, dua draw, satu kemenangan tuan rumah. Apakah ini berarti El Real akan memenangkan derby Madrid nanti malam?

Liga Champions  - Wasit Derby Madrid, Milorad Mazic, Untungkan Tim Tamu
Wasit Derby Madrid, Milorad Mazic, Untungkan Tim Tamu

Berita Liga Champions: Dari enam laga Liga Champions yang dipimpin wasit Milorad Mazic musim ini, 50% berakhir dengan kemenangan tim tamu, dua draw, satu kemenangan tuan rumah. Apakah ini berarti El Real akan memenangkan derby Madrid nanti malam?

Milorad Mazic akan jadi pengadil pada laga dua klub musuh bebuyutan, Atletico Madrid vs Real Madrid, yang akan saling bertemu nanti malam, Rabu dinihari WIB 15/4/2015, dalam perempat final Liga Champions leg pertama.

Wasit 42 tahun asal Serbia ini dikenal tak punya kompromi. Moto hidupnya adalah, “Tak mungkin menyenangkan semua orang!” Ia memang dikenal bisa mengambil keputusan benar meski itu membuat dirinya tidak populer.

Dia pernah memimpin laga Real Madrid di Basel pada babak penyisihan grup musim ini saat juara bertahan Champions itu menang 1-0. Itu hanya satu dari tiga laga yang berakhir dengan kemenangan tim tamu. Dua lainnya adalah kemenangan Manchester City 2-0 di Roma, juga di babak penyisihan grup, dan sapu bersih Juventus 3-0 atas Borussia Dortmund di ajang 16 besar Champions.

Dua laga lain yang berakhir draw di bawah kepemimpinannya adalah Besiktas 0-0 Arsenal di babak playoff dan APOEL Nicosia 1-1 Ajax di penyisihan grup. Satu-satunya laga yang berakhir dengan kemenangan tuan rumah adalah Olympiakos 1-0 Juventus di penyisihan grup.

Kalau kamu ingat di Piala Dunia 2014, Mazic adalah wasit yang memimpin laga Jerman vs Portugal. Dua kali ia membuat keputusan penting yang berdampak pada hasil akhir pertandingan.

Di menit ke-11 dari laga, ia memberikan tembakan penalti untuk Jerman saat João Pereira menahan laju penyerang Mario Götze di area penalti Portugal dan kartu kuning dikibaskan kepada Pereira untuk pelanggaran tersebut. Pemain Portugal pun lalu mengurung Mazic mengajukan protes, termasuk Pepe yang provokatif itu.

Komentator bereaksi secara berbeda-beda terhadap keputusan itu. Mark Ogden dari The Daily Telegraph menyebutnya, “Contoh lain dari keputusan wasit yang dipertanyakan di Piala Dunia ini karena kontak sangat minimal, tentu saja tidak cukup untuk memaksa Götze limbung.”

Paul Wilson dari The Guardian merasa “kebanyakan wasit di turnamen akan ini akan menjatuhkan hukuman,” sembari menambahkan bahwa “sementara dapat dikatakan bahwa Pereira tidak benar-benar menarik Götze, dia jelas-jelas menggunakan lengannya untuk menghalangi si penyerang Jerman.”

Di sisi lain, Ian Ladyman dari Daily Mail menyatakan setuju dengan keputusan tersebut, mengatakan “mungkin Götze bersandar ke Pereira sedikit saat dua orang itu bertabrakan di daerah [penalti], tapi bek Portugal itu tampaknya memegang lawannya.”

Cathal Kelly dari The Globe and Mail menilai keputusan itu “benar”, sementara mantan wasit Graham Poll setuju dengan panggilan penalti atas Mazic tetapi merasa ia seharusnya mengusir Pereira keluar, bukan hanya kartu kuning, dengan alasan pelanggaran itu “jelas-jelas menganulir kesempatan mencetak gol yang jelas.”

Di menit ke-37 dengan Jerman unggul 2-0, Mazic membuat satu keputusan penting lain yakni mengeluarkan kartu merah langsung untuk Pepe yang menanduk pemain Jerman itu, Thomas Müller.

Sepakbola.cc