David Silva Ungkap Cara Cerdas Hentikan Lionel Messi

Berita Liga Champions: Lionel Messi bagaikan monster yang mematikan bagi tim lawan setiap kali ia memegang bola di jantung pertahanan. Berbagai cara digunakan lawan untuk menghentikannya. Namun tetap saja ia sulit dimatikan.

Liga Champions  - David Silva Ungkap Cara Cerdas Hentikan Lionel Messi
David Silva (kiri), Kun Aguero dan Yaya Toure, tiga pemain kunci Manchester City

Berita Liga Champions: Lionel Messi bagaikan monster yang mematikan bagi tim lawan setiap kali ia memegang bola di jantung pertahanan. Berbagai cara digunakan lawan untuk menghentikannya. Namun tetap saja ia sulit dimatikan.

Gelandang Manchester City, David Silva, punya pendapat tentang bagaimana cara jitu alias cerdas menghentikan Lionel Messi. Menurut dia, berkonfrontasi langsung dengan bintang Barcelona bukanlah cara yang tepat.

Karena selain Messi sulit dihadang dengan cara satu lawan satu atau bahkan oleh dua pemain, cara itu juga beresiko terjadi pelanggaran yang bisa berakibat fatal, semisal mendapatkan kartu kuning atau merah.

Menurut Silva, cara terbaik untuk meredam aksi bahaya Messi adalah dengan memotong aliran bola yang mengarah kepadanya. Itu berarti lawan harus mengawal pemain-pemain yang mensuplai bola kepada Messi. Di Barcelona, penyuplai bola ke Lionel Messi adalah Xavi dan Andres Iniesta.

Jika Xavi dan Iniesta dimatikan, kata Silva, maka paling tidak separuh kekuatan Messi akan hilang. Bagaimana pun juga Messi tidak bisa bermain sendiri, dia butuh penyokong seperti Xavi dan Iniesta.

“Aku adalah salah satu orang yang yakin bahwa cara terbaik menghentikan Messi adalah menghentikan juga pemain lain seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez,” kata David Silva.

“Anda bisa menghentikan dia dengan bekerja keras. Namun, Messi dengan sendirian bisa menentukan hasil sebuah pertandingan. Jika Anda bisa memastikan dia kurang mendapatkan dukungan maka itu lebih baik. Dia adalah terbaik dan ada pemain terbaik (Xavi dan Iniesta) di belakang dia. Tanpa mereka, Messi tidak bisa melakukan apa-apa,” tambah Silva.

Silva yakin jika pendapatnya itu bisa diterapkan Manchester City dalam laga leg kedua babak 16 Liga Champions melawan Barcelona di Camp Nou, Kamis (19/3) dinihari WIB, maka ia yakin The Citizens bisa membawa pulang kemenangan.

Manchester City harus menang minimal 2-0 atau 3-1 jika ingin lolos ke babak perempat final. Soalnya mereka kalah 1-2 pada laga leg pertama di Etihad Stadium tiga pekan lalu.