Borussia Dortmund Kacau Usai Gol Kylian Mbappe

  • Gol cepat Kylian Mbappe dan blunder kiper Roman Buerki sebagai penyebab utama dari kekalahan Borussia Dortmund atas AS Monaco, Kamis (20/4) WIB.

Thomas Tuchel

Gol cepat Kylian Mbappe dan blunder kiper, Roman Buerki disinyalir sebagai penyebab utama dari kekalahan Borussia Dortmund atas AS Monaco, demikian anggapan pelatih Die Borussen, Thomas Tuchel.

Berita Bola, Liga Champions – Kekalahan 2-3 di markas sendiri pada leg pertama, membuat Dortmund termotivasi tampil menggebrak sejak menit awal pada leg kedua, Kamis (20/4) dini hari WIB. Permainan agresif pun mampu mereka peragakan.

Namun sayang, akibat keteledoran sang kiper, Roman Buerki dalam mengantisipasi sepakan Benjamin Mendy membuat Monaco meraih gol cepat. Bola muntah lantas langsung disambar Kylian Mbappe yang berdiri dengan bebas di dekat gawang dan membuat tuan rumah unggul ketika laga baru berlangsung selama tiga menit.

Alih-alih bangkit selepas gol cepat Mbappe, gawang yang dikawal Buerki justru kembali bobol di menit ke-17 melalui tandukan Radamel Falcao.

Gol balasan baru dapat dilesakkan Dortmund ketika babak kedua memasuki menit ketiga melalui tembakan Marco Reus. Sayangnya, setelah itu Monaco kembali memperbesar keunggulannya melalui gol Valere Germain di sembilan menit terakhir laga.

“Kami memulai laga dengan baik dengan satu dua gerakan yang berbahaya dan kami menemukan beperapa ruang sebelum akhirnya kebobolan melalui gol yang tak beruntung. Itu sedikit menghancurkan keyakinan kami, setelah itu banyak kesalahan yang kami lakukan dalam passing dan positioning,” ujar Tuchel menyesali.

“Pada babak kedua kami mencoba untuk kembali melakukan rally, namun tidak dapat menindak lanjuti gol kami, kami telah membuat permainan hebat dengan tiga bek, terlebih di Liga Champions, namun tidak cukup baik. Secara keseluruhan kinerja kami tidak sesuai dengan itu.”

Yang disesali oleh sang pelatih juga turut diakui oleh Buerki. Ia merasa penyelamatan lebih baik semestinya dapat dilakukannya sehingga gol cepat Mbappe tidak tercipta.

“Kesalahan kami membuat mereka membuat dua gol cepat, yang membuat situasi menjadi semakin sulit. Kami melakukan segalanya usai jeda dan mampu menampilkan permainan yang baik.”

“Namun semuanya berakhir setelah mereka mencetak gol ketiga. Gol pertama adalah kesalahan saya, saya seharusnya dapat menggunakan tinju untuk lebih menjauhkan bola,” sesal kiper asal Swiss tersebut.