Deretan Pemain Muda Man City Dapatkan Pujian

Manchester City mendapatkan kekalahan pertama mereka musim ini setelah menyerah dengan skor 2-1 dari Shakhtar Donetsk di laga terakhir babak penyisihan grup Ligfa Champions.

Phil Foden, 17 tahun, bintang muda yang dipuji penampilannya oleh Pep Guardiola saat Manchester City melawan Shakhtar Donetsk, Kamis (7/12) dini hari WIB.
Phil Foden, 17 tahun, bintang muda yang dipuji penampilannya oleh Pep Guardiola saat Manchester City melawan Shakhtar Donetsk, Kamis (7/12) dini hari WIB.

Pep Guardiola bersikeras dirinya tak kecewa meski Manchester City mendapatkan kekalahan perdana mereka musim ini.

Manchester City gagal mempertahankan rangkaian kemenangan mereka musim ini setelah menelan kekalahan 2-1 dari Shakhtar Donetsk di laga terakhir babak penyisihan grup Liga Champions.

Dalam 20 laga sebelumnya, baik di Liga Inggris maupun Liga Champions, City belum pernah kalah dengan catatan 19 kemenangan serta 1 hasil imbang, namun hal itu tak bisa mereka pertahankan di Ukraina setelah menyerah 2-1 dari Shakhtar pada laga Kamis (7/12) dini hari WIB.

City kebobolan dua gol diĀ  babak pertama melalui Bernard dan Ismaily, dan mereka hanya bisa memperkecil ketertinggalan melalui gol Sergio Aguero dari titik putih di masa injury time (90+2).

Di pertandingan itu sendiri, Pep Guardiola banyak menurunkan para pemain cadangan, termasuk beberapa pemain muda mereka yaitu Tosin Adarabioyo, Brahim Diaz dan Phil Foden.

“Selamat kepada mereka (Shaktar Donetsk) namun kami juga lolos ke babak knock-out,” ujar Guardiola pada BT Sport. “Kami memulai pertandingan dengan sangat baik, namun mereka melakukan serangan balik dengan luar biasa untuk gol pertama. Dalam gol kedua kami tidak bertahan dengan baik, namun kami berjuang.”

“Saya sangat senang untukĀ Tosin Adarabioyo, Brahim Diaz dan Phil Foden untuk cara mereka bermain melawan tim berbakat seperti Shakhtar. Kami datang kesini untuk meraih kemenangan namun kami tidak mampu melakukannya, namun setidaknya kami sudah mencoba.”

“Kami tertinggal 2-0 namun kami terus mencoba, kami sedikit melakukan perubahan dan kami menciptakan beberapa ruang bagus di luar namun mereka bertahan dengan baik di dalam. Meski demikian, kami berhasil lolos dan saya puas dan senang atas performa para pemain.”

Juventus, Real Madrid dan mantan tim yang pernah ia latih, Bayern Munchen, adalah tim-tim yang mungkin menjadi lawan Manchester City di babak 16 besar. Meski demikian, Guardiola menegaskan tak terlalu khawatir mengenai hal tersebut.

“Dalam situasi seperti ini selalu ada spekulasi mengenai tim lawan,” tambahnya. “Pada hari Senin akan dilakukan undian namun itu tergantung pada kondisi tim pada saat itu.”

“Sekarang kami akan beristirahat dan kami akan kembali besok dan mempersiapkan diri untuk pertandingan melawan Manchester United.”

Sepakbola.cc