Hasil AS Roma vs Barcelona Skor Akhir Liga Champions Kamis 17/9/2015

AS Roma meski kalah dalam penguasaan bola dengan perbandingan 30% vs 70% namun mereka berhasil menandingi Barcelona, menjaga skor tetap 1-1 di akhir babak kedua laga Liga Champions.

Liga Champions  - Hasil AS Roma vs Barcelona Skor Akhir Liga Champions Kamis 17/9/2015

Hasil Liga Champions , Hasil AS Roma vs Barcelona , Liga Champion , Hasil , Skor Akhir , Susunan Pemain , AS Roma , FC Barcelona

AS Roma meski kalah dalam penguasaan bola dengan perbandingan 30% vs 70% namun mereka berhasil menandingi Barcelona, menjaga skor tetap 1-1 di akhir babak kedua laga Liga Champions.

Roma membiarkan tim tamu mendominasi bola namun melancarkan sejumlah serangan balik yang merepotkan sang juara bertahan.

Jalannya Pertandingan Babak 1

Luar biasa Mohamed Salah. Dalam tujuh menit pertama ia sudah tiga kali melakukan terobosan di sayap kanan. Ketiganya gagal menghasilkan gol tapi sudah cukup merepotkan lini belakang Barcelona.

Dari sisi tim tamu, Messi sempat melepaskan tembakan geledek dari luar kotak penalti pada menit keempat, sayangnya hanya melayang sedikit di atas mistar gawang kiper Wojciech Szczesny.

Menit ke-10 giliran Barcelona memainkan satu-dua yang khas masuk sampai ke kotak penalti dua kali, namun tembakan Messi melayang di atas mistar.

Kebuntuan itu akhirnya terpecahkan pada menit 21, ketika Ivan Rakitic lolos tanpa pengawalan dari sisi kanan penyerangan, dan lalu mengirim bola cungkil tidak terlalu tinggi ke tiang jauh di mana berdiri Luis Suarez. Pemain Uruguay itu langsung menyundul ke gawang dalam jarak beberapa centi saja. Gol! Skor berubah 0-1.

Beberapa menit kemudian Suarez nyaris menggandakan keunggulan, namun didahului oleh kecepatan kiper Szczesny. Di sini ada perdebatan soal apakah kiper Roma melakukan pelanggaran karena bola sudah terlanjur meninggalkan kaki Suarez ketika ia dijatuhkan kiper asal Polandia itu.

Pertikaian mulut antara Suarez dan Szczesny masih berlanjut sampai beberapa menit kemudian.

Secara umum setelah 10 menit pertama tadi, giliran Barcelona yang mendominasi permainan.

Namun justru Alessandro Florenzi yang mencuri perhatian dengan gol indahnya di menit 31. Dari sisi kanan, tak jauh dari batas setengah lapangan, ia menembak bola langsung ke gawang yang kosong karena kiper Ter Stegen berdiri terlalu jauh dari gawang.

Kiper Jerman mencoba berlari mundur tapi sudah terlambat. Bola memantul di bagian dalam tiang gawang dan masuk. Skor berubah 1-1. Tak ada yang percaya gol itu terjadi. Penonton bersorak, stadion Olimpico kembali riuh rendah.

Barcelona merespons. Messi dalam satu serangan kemudan mencoba melepaskan tembakan langsung ke gawang lawan, masih terlalu tinggi. Setidaknya sudah tiga kali pemain Argentina itu melepaskan tendangan yang melayang di atas mistar gawang. Empat kali termasuk tendangan bebas di menit 36,

Semenit kemudian Messi menerobos sendirian di sisi kanan lapangan, masuk sampai ke tengah kotak penalti namun bola memantul keluar lagi karena terlalu sesak oleh pemain Roma di sana.

Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Jalannya Pertandingan Babak 2

Baru beberapa menit periode kedua dimulai, kiper Szczesny ditarik keluar dari lapangan karena cedera. Ia bisa berjalan keluar sendiri dan cedera tampaknya terjadi pada jari-jari tangannya setelah satu perebutan bola dengan Luis Suarez dalam satu kekacauan di depan gawang Roma. Morgan De Sanctis, kiper favorit tuan rumah, masuk menggantikannya.

Menarik untuk mengamati bahwa sejauh ini 75% dominasi bola dikuasai oleh Barcelona. Jika penguasaan bola menentukan kemenangan maka tim tamu seharusnya sudah menang banyak.

Rafinha yang baru saja masuk menggantikan Ivan Rakitic tampak perlu ditandu keluar lapangan, entah sementara atau seterusnya. Ia cedera setelah dilanggar keras oleh Radja Nainggolan, yang memperoleh kartu kuning dari wasit Bjoern Kuipers (Belanda). Rafinha praktis hanya bermain selama 90 detik saja.

Adegan lain mendahului peristiwa itu. Dalam satu perebutan bola di depan gawang De Sanctis, lengan satu pemain Roma menyentuh bola, tapi wasit mengabaikannya.

Setelah itu giliran Radja Nainggolan yang dijatuhkan di kotak penalti oleh Javier Mascherano, yang baru saja masuk menggantikan Rafinha. Pelatih Roma Rudi Garcia berteriak marah di pinggir lapangan karena wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Kalah dalam penguasaan bola namun Roma berhasil melawan dengan gagah berani terhadap tim juara bertahan Liga Champions itu.

Kekurangefektifan Messi berhasil dikompensasikan oleh Neymar. Contohnya adalah satu tembakan keras pemain Brasil itu di menit 76 yang sayangnya berhasil diblok pemain Roma. Semenit kemudian Messi lagi-lagi menembak ke mistar, akurat tapi hanya menghantam mistar gawang. Entah tembakan keberapa oleh pemain Argentina itu yang melayang terlalu tinggi.

Sisa 13 menit atau lebih dan skor masih 1-1.

Kerjasama satu-dua Iniesta berhasil membawa bola mendekati gawang tapi masih terpantulkan keluar oleh De Sanctis.

Lima menit terakhir laga tim tamu mengurung sepertiga lapangan tuan rumah.

Menjelang akhir pertandingan Mohamed Salah memberi umpan bagi Edin Dzeko sedikit di luar penalti. Tembakan langsung Dzeko mengarah langsung ke tangan Ter Stegen.

Memasuki injury time, satu sepak pojok bagi Barcelona nyaris menambah gol. Sayang sekali tandukan Gerard Pique berhasil dihalangi oleh Nainggolan.

Satu lagi kesempatan emas setelah itu, Messi memperoleh bola di sisi kiri, mengolahnya sesaat namun berhasil diblok satu pemain Roma.

Segera setelah itu sepak pojok berujung pada penyelamatan gemilang oleh De Sanctis.

Skor akhir bertahan 1-1.

Susunan Pemain AS Roma vs Barcelona Liga Champions 2015/2016

AS Roma : Szczęsny; Florenzi, Rüdiger, Manolas, Digne; Nainggolan, De Rossi, Keita; Falqué, Džeko, Salah

Barcelona : Ter Stegen; Sergi Roberto, Piqué, Mathieu, Alba; Rakitić, Busquets, Iniesta; Suárez, Messi, Neymar

Sepakbola.cc